Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Diare Tanpa Obat pada Balita

KBRN, Padang :  Diare pada anak dapat membuat banyak orang tua merasa panik sehingga langsung mencari obat yang ampuh untuk menyembuhkannya. Padahal, ada beberapa cara mengatasi diare tanpa obat yang bisa dilakukan untuk balita. Ibu ingin tahu caranya? Langsung aja ya baca ulasan dari artikel berikut ini!

Cara Mengatasi Diare Tanpa Obat 

Umumnya, diare pada anak-anak dapat terjadi selama beberapa hari hingga seminggu atau disebut juga akut. Ada banyak sekali penyebab dari penyakit ini dan yang paling umum adalah infeksi dari virus, bakteri, atau parasit. Beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan diare pada anak adalah:

Alergi makanan.

Intoleransi laktosa.

Konsumsi gula atau pemanis buatan secara berlebihan.

Konsumsi obat antibiotik tertentu.

Saat masalah ini terjadi, ibu perlu tahu cara paling ampuh yang bisa dilakukan. Nah, ada beberapa cara mengatasi diare pada balita tanpa perlu diberikan obat. Berikut beberapa cara yang perlu diketahui:

1. Berikan Lebih Banyak Air Putih

Salah satu cara mengatasi diare tanpa obat pada balita adalah dengan memberikannya lebih banyak air putih. Sebab, tubuh yang terhidrasi dapat lebih mudah untuk pulih dari diare. Selain itu, diare juga dapat menyebabkan kekurangan cairan yang membuat tubuh kehilangan elektrolit. Hal ini juga sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membahayakan.

2. Terapkan Metode Diet BRAT

Ibu juga bisa menerapkan metode diet BRAT. BRAT sendiri singkatan dari pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang tanpa mentega (toast unbuttered). Semua makanan tersebut hambar sehingga tidak mengganggu perut yang sensitif. Pisang mengandung potasium yang diperlukan tubuh setelah mengidap diare. Jika anak sudah lebih baik dalam 48 jam, berikan makanan seperti biasa.

3. Berikan Lebih Banyak Lemak dan Serat

Dengan memberikan lebih banyak lemak dan serat, diare yang terjadi bisa segera teratasi. Ibu dapat menambahkan lemak sehat ke dalam makanannya dan juga sedikit minyak zaitun. Pastikan juga untuk memberikan buah dan sayur yang segar untuk memastikan anak mendapatkan serat yang baik.

4. Kurangi Konsumsi Jus Buah

Anak mungkin sangat menyukai jus buah. Padahal, saat mengonsumsi minuman ini terlalu banyak dapat menyebabkan diare. Pastikan untuk membatasi konsumsinya pada balita hanya sekitar setengah cangkir jus buah per hari. Jika anak tidak mau minum air putih, cobalah mengencerkan jus dengan air dan secara bertahap tambahkan lebih banyak air dibandingkan jus tersebut.

5. Berikan Apel

Ibu juga bisa memberikan apel untuk membantu mengencangkan gerakan usus pada anak. Buatkan anak apel yang sudah diolah agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Pertama-tama, cuci apel lalu rebus dalam air, akhirnya bisa diolah menjadi puree agar lembut. Hal ini dapat membuat bayi memiliki energi dan mengembalikan sistem pencernaan kembali normal.

Itulah beberapa cara mengatasi diare tanpa obat pada anak. Ibu bisa memberikan semua cara yang alami ini sebagai tahap awal untuk atasi masalah ini. Jika masalah terus berkembang, barulah ibu bisa memberikan obat pada anak. Apabila diare tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera periksakan ke dokter.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar