7 Tips Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

KBRN, Padang :  Hamil anak kembar masih jadi sesuatu yang sering diidamkan oleh wanita, terlepas dari berbagai risikonya. Beberapa wanita cukup beruntung untuk bisa memiliki bayi kembar tanpa usaha. Sementara beberapa lainnya melakukan berbagai upaya untuk bisa mendapatkan kehamilan kembar.

Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar? Yuk simak tipsnya!

Cara agar Hamil Anak Kembar

Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tunda Kehamilan Berikutnya

Sempitnya jeda di antara dua kehamilan bisa mengurangi peluang kehamilan kembar. Jadi, sebaiknya tunda atau beri jeda untuk kehamilan selanjutnya  jika ingin hamil anak kembar, ya.

2. Cobalah untuk Hamil Saat Menyusui

Prolaktin adalah hormon yang diproduksi tubuh saat menyusui. Hormon ini telah dikenal untuk meningkatkan peluang hamil dan mengandung anak kembar.

3. Tingkatkan Konsumsi Produk Susu

Beberapa hormon pertumbuhan ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya yang terbuat dari susu sapi. Oleh karena itu disarankan untuk memperbanyak konsumsi produk susu sapi, jika ingin hamil anak kembar.

4. Minta Pasangan untuk Mengkonsumsi Makanan Kaya Seng

Makanan kaya seng dapat mempercepat produksi sperma. Jadi, mintalah pasangan untuk mengonsumsinya lebih banyak. Sperma yang banyak dan berkualitas dapat membantu meningkatkan peluang hamil kembar.

5. Makan Makanan Kaya Protein

Peluang untuk hamil anak kembar juga tergantung pada hiperovulasi. Makanan kaya protein dipercaya dapat membantu hal ini. Konsumsi biji-bijian utuh, tahu, isoflavon dari kedelai dan terutama ubi jalar dapat membantu merangsang ovarium secara berlebihan, sehingga meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

6. Konsumsi Herbal Tertentu

Selain cara-cara alami tadi, ada juga beberapa herbal yang dipercaya dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar. Meski kebanyakan di antaranya belum cukup terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut ini beberapa herbal yang dipercaya dapat meningkatkan peluang hamil kembar:

Akar licorice. Dapat membantu proses ovulasi dengan mengatur siklus menstruasi. Rempah ini juga dipercaya dapat mengatur kadar hormon, sehingga meningkatkan pembuahan.

Akar maca. Karena perannya sebagai adaptogen, akar ini membantu proses reproduksi yang sehat dalam tubuh wanita. Ini juga dipercaya dapat mempercepat kesuburan pada wanita dan pria, sehingga meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Minyak biji rami. Minyak ini membantu tidak hanya dalam menciptakan keseimbangan hormonal tetapi juga meningkatkan kesuburan pada wanita. Ini juga membantu dalam mengatur siklus menstruasi, sehingga membantu ovulasi dan membuat pembuahan lebih mudah.

Evening primrose oil. Terlepas dari manfaat lain dari minyak primrose, bahan ini juga dipercaya dapat meningkatkan peluang hamil, termasuk hamil kembar.

Black cohosh. Ini adalah zat alami lain yang meningkatkan kesuburan dan konsepsi anak kembar.

7. Prosedur Perawatan Kesuburan

Kamu akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk hamil anak kembar jika menjalani prosedur perawatan kesuburan tertentu, seperti:

IUI (intrauterine insemination). Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan sperma langsung ke dalam rahim, sehingga diharapkan dapat membuahi lebih banyak sel telur.

Bayi tabung (fertilisasi in vitro). Metode ini memungkinkan untuk menanam lebih dari satu embrio di dalam rahim, sehingga peluang hamil kembar pun meningkat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan peluang kehamilan kembar. Baik program hamil biasa atau program hamil kembar, penting untuk mempersiapkan kondisi kesehatan tubuh dengan baik.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar