10 Rasa Sakit Wanita Hamil yang Tidak Boleh Diabaikan

KBRN,Padang : Kehamilan menjadi masa-masa paling indah bagi pasangan yang tengah mendambakan momongan. Perubahan kerap terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh atau sebagai tanda ada yang tidak beres. Berikut ini rasa sakit wanita hamil yang tidak boleh diabaikan begitu saja:

1. Rasa Sakit di Perut Bagian Tengah dan Atas

Rasa sakit di perut bagian tengah dan atas biasanya dibarengi dengan muntah dan mual. Penyebabnya bisa karena heartburn, kadar asam dalam tubuh, gangguan pencernaan, keracunan makanan, dan lain-lain. Gejala yang muncul secara intens perlu diwaspadai, karena jadi pertanda dari gejala preeklamsia.

2. Rasa Sakit di Perut Bagian Bawah

Rasa sakit di perut bagian bawah bisa jadi sinyal berbahaya. Hal ini bisa jadi tanda robekan ligamen yang masih dianggap normal dan tak berbahaya. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda keguguran, kelahiran prematur, pecah ketuban, atau kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim.

3. Demam

Meskipun tidak mengalami gejala flu, batuk, atau pilek, tidak jarang ibu hamil juga mengalami demam. Kondisi ini perlu diwaspadai, mengingat demam saat hamil akan menghambat pertumbuhan janin dan berisiko autisme serta penyakit lain pada janin. Oleh karena itu, segera periksakan diri jika mengalaminya, ya!

4. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan seperti pandangan buram atau penglihatan kabur jadi rasa sakit wanita hamil selanjutnya. Kondisi ini bisa jadi indikasi preeklampsia, yaitu kondisi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan retensi cairan dan proteinuria.

5. Pembengkakan di Tubuh

Pembengkakan di anggota tubuh, seperti tangan, kaki, dan wajah merupakan kondisi yang umum dialami. Namun, jika pembengkakan disertai dengan gangguan penglihatan dan sakit perut, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Kondisi tersebut menandakan ada yang tidak beres pada janin.

6. Sakit Kepala

Rasa sakit wanita hamil yang tidak bisa diabaikan selanjutnya adalah sakit kepala. Kondisi ini bisa jadi pertanda rendahnya kadar gula darah dalam tubuh akibat asupan nutrisi dan gizi yang tidak terpenuhi. Untuk mencegah hal ini, pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi asupan yang dibutuhkan.

7. Sakit saat Buang Air Kecil

Sensasi terbakar saat buang air kecil bisa rasa sakit wanita hamil yang tidak bisa diabaikan karena merupakan gejala infeksi saluran kemih. Waspadai juga jika gampang merasa haus dan peningkatan frekuensi buang air kecil, karena merupakan indikasi diabetes kehamilan.

8. Muntah Lebih dari Dua Kali

Mual dan muntah lebih dari dua kali dalam sehari perlu diwaspadai, karena bisa jadi gejala hiperemesis gravidarum. Kondisi tersebut terjadi dalam intensitas parah dan berisiko menyebabkan dehidrasi. Berbeda dengan morning sickness, hiperemesis gravidarum bisa saja terjadi sepanjang hari.

9. Sakit Punggung yang Tidak Mau Sembuh

Rasa sakit wanita hamil selanjutnya adalah sakit punggung yang intens. Perut yang membesar tidak hanya menyebabkan pusat gravitasi di dalam tubuh bergeser dan menambah beban di punggung saja. Namun, tubuh juga membuat banyak penyesuaian fisik, sehingga menyebabkan rasa sakit yang intens. 

10. Sakit Perut yang Tajam

Perubahan terbesar selama kehamilan terjadi di area perut. Banyak ekstensi dan dorongan di sekitar organ internal mulai terjadi saat rahim mengembang sebagai tempat yang sedang berkembang. Kondisi tersebut menyebabkan sakit perut yang timbul dan hilang dengan rasa sakit yang tajam.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar