Waspada Bahaya Kafein bagi Pengidap Diabetes

KBRN, Padang : Sebaiknya perhatikan asupan makanan maupun minuman yang kamu konsumsi ketika kamu didiagnosis mengalami penyakit diabetes. Sebab makanan yang dikonsumsi bisa saja meningkatkan kadar gula darah atau glukosa. Jika tidak diatasi dengan baik, diabetes pun dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk, seperti jantung atau stroke.

Pengidap diabetes dianjurkan untuk melakukan diet sehat agar gula darah dapat terkontrol dengan baik. Salah satu diet yang perlu dilakukan adalah membatasi atau mengurangi asupan kafein dalam tubuh. Sebab mengonsumsi kafein bagi pengidap diabetes secara berlebihan dapat memicu gula darah meningkat. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai kaitan diabetes dan kafein, di sini!

Bahaya Kafein bagi Pengidap Diabetes

Ketika kamu didiagnosis mengalami diabetes, artinya kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh kamu meningkat. Glukosa didapat dari berbagai jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Glukosa sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan hormon insulin membantu penyerapan glukosa dalam tubuh.

Jika kamu mengalami diabetes, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi agar kadar gula darah bisa dikontrol dengan baik. Ada berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap diabetes, mulai dari makanan dengan gula tambahan, makanan berlemak, alkohol, hingga kafein.

Kafein memang memiliki dampak yang berbeda-beda pada tiap orang, tetapi jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya batasi asupannya. Pada pengidap diabetes tipe 2, kafein dapat meningkatkan kadar gula darah atau glukosa. 

Sebuah penelitian juga telah dilakukan pada pengidap diabetes, beberapa orang diberikan minuman mengandung kafein saat sarapan dan makan siang. Hasilnya, kadar gula darah mereka meningkat delapan persen dibandingkan saat mereka tidak mengonsumsi kafein.

Bukan hanya itu, kafein bagi pengidap diabetes juga dapat menurunkan sensitivitas insulin. Hal ini membuat penyerapan glukosa lebih rendah sehingga tubuh memproduksi hormon insulin lebih banyak dalam tubuh.

Berlebihan dalam mengonsumsi kafein juga berisiko membuat kamu menjadi sulit tidur. Kurang tidur ini pun dapat menyebabkan resistensi insulin yang memicu kenaikan kadar gula darah. Jadi, sebaiknya batasi asupan kafein sehari-hari agar kondisi kesehatan dapat terjaga dengan baik. 

Gaya Hidup Sehat bagi Pengidap Diabetes

Selain melakukan pemeriksaan darah secara rutin, kamu juga perlu menjalankan gaya hidup sehat agar penyakit diabetes dapat terkontrol dengan baik. Berikut ini gaya hidup sehat yang bisa dijalankan:

Perhatikan Jenis Karbohidrat yang Dikonsumsi

Karbohidrat menjadi salah satu kandungan yang bisa memengaruhi lonjakan kadar gula darah. Untuk itu, sangat penting mengetahui jenis karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Kamu bisa mengonsumsi brokoli, jeruk, apel, wortel, atau pisang sebagai sumber karbohidrat.

Batasi Asupan Garam, Lemak, dan Gula Tambahan

Jangan lupa untuk membatasi makanan yang mengandung garam dan lemak jenuh tinggi. 

Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga

Rutin melakukan olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, hingga yoga.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar