Ini Berbagai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

KBRN, Padang :  Hidung tersumbat menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi. Meskipun umumnya bukan pertanda gangguan yang serius, tetapi hidung tersumbat pada bayi dapat memicu gangguan pernapasan sehingga bayi dapat menjadi lebih rewel. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Saat mengalami hidung tersumbat, umumnya pernapasan akan dilakukan melalui mulut. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman khususnya pada bayi. Nah, tidak ada salahnya ibu mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi agar kondisi ini bisa segera diatasi dengan tepat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan bayi mengalami hidung tersumbat, mulai dari udara yang terlalu dingin, udara kering, hingga mengalami flu. Hidung tersumbat pun menyebabkan bayi mengalami rasa tidak nyaman sehingga bayi menjadi lebih rewel.

Nah, tidak ada salahnya ibu mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi agar kondisi kesehatan bayi semakin membaik. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Perawatan di Rumah

Ibu bisa melakukan perawatan di rumah sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

Saat bayi beristirahat, pastikan kepala bayi berada di posisi yang lebih tinggi. Ibu bisa meletakkan bantal di kepala bayi agar bayi bisa bernapas dengan lebih baik.

Jika bayi sudah memasuki MPASI, tidak ada salahnya memberikan banyak cairan, seperti air putih agar tubuh tetap terhidrasi sehingga bagian hidung menjadi lebih lembap.

Ibu bisa meletakkan minyak esensial di dalam kamar agar hidung tersumbat yang dialami anak bisa membaik.

Gunakan pelembap ruangan agar udara tidak kering.

2. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Ibu juga bisa memandikan air hangat pada anak agar pernapasan mereka bisa menjadi lebih baik. Uap dari air hangat bisa membantu melembapkan saluran hidung anak.

Siapkan bak mandi dengan air hangat dan pastikan air tidak trelalu panas.

Ibu bisa menambahkan minyak esensial yang aman untuk bayi jika diperlukan.

Mandikan bayi dengan air hangat selama beberapa menit.

Setelah selesai, pastikan tubuh bayi kering dan berikan minyak untuk kembali menghangatkan bayi.

3. Gunakan Saline Drop

Penggunaan saline drop juga bisa digunakan jika lendir pada anak terlalu tebal dan banyak. Gunakan beberapa tetes saline drop ke dalam hidung anak, hal ini membantu lendir keluar dari hidung dengan lebih mudah.

4. Penuhi Kebutuhan Istirahat Bayi

Jika anak mengalami hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu, sebaiknya pastikan anak beristirahat dengan baik. Penuhi kebutuhan istirahatnya agar imun tubuh bayi kembali optimal sehingga gangguan kesehatan yang dialami bisa mereda.

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Sebaiknya segera bawa bayi ke rumah sakit jika hidung tersumbat yang dialami menyebabkan pembengkakan pada hidung, pipi, hingga area mata bayi. Kondisi juga tidak bisa dibiarkan jika bayi mengalami hidung tersumbat disertai batuk, demam, dan gejala yang tidak membaik dalam tiga hari.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar