Catat, Ini Kadar Gula Darah yang Normal dalam Tubuh

KBRN, Padang :  Kadar gula darah di dalam tubuh tidak boleh berlebihan. Sebab, ada banyak gangguan yang bisa terjadi jika masalah ini terjadi secara konstan, salah satunya diabetes. Maka dari itu, kamu perlu tahu kadar gula normal seseorang menurut usia. Dengan begitu, kamu lebih paham angka ideal kadar gula darah untuk diri sendiri. Berikut pembahasan lengkapnya!

Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia

Kadar glukosa darah adalah jumlah glukosa yang dimiliki seseorang dalam aliran darahnya pada waktu tertentu. Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau rendah bisa mengindikasikan terjadinya masalah kesehatan dan mungkin membutuhkan perawatan medis. Maka dari itu, setiap orang perlu tahu kadar gula darah normalnya menurut usia. Jika terjadi peningkatan atau penurunan, tindakan yang tepat bisa dilakukan.

Kadar glukosa darah yang normal dapat diukur saat seseorang berpuasa, makan, atau setelah makan. Untuk kadar glukosa darah normal pada orang dewasa sehat yang tidak makan kurang lebih 8 jam adalah kurang dari 100 mg/dL. Lalu, kadar glukosa darah normal pada objek yang sama dua jam setelah makan adalah 90 hingga 100 mg/dL.

Lalu, berapa sih kadar gula darah normal menurut usia? Berikut daftarnya:

1. Anak di bawah 6 Tahun

Anak-anak di bawah usia 6 tahun harus memiliki kadar glukosa darah di kisaran 80-200 mg/dL setiap hari. Angka tersebut dianggap sehat dan jumlah glukosanya bisa berfluktuasi saat bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur. Maka dari itu, anak-anak yang alami diabetes perlu diperiksa kadar gulanya di tengah malam oleh orang tuanya.

2. Anak Usia 6-12 Tahun

Pada rentang usia ini, kadar gula darahnya harus di kisaran 80-180 mg/dL per hari. Kadar gula darah dapat naik setelah makan akibat tubuh perlu memecah glukosa yang akhirnya disebarkan ke seluruh aliran darah. Maka dari itu, sebagai orang tua, ada baiknya membatasi konsumsi makanan ringan terlebih saat sebelum tidur.

3. Usia 13-19 Tahun

Kadar gula darah normal menurut usia 13-19 tahun berada di kisaran 70-150 mg/dL per hari. Diabetes yang terjadi pada remaja sangat sulit untuk dikelola karena masalah tanggung jawab dan kontrol perilaku terkait pengaruh lingkungan. Maka dari itu, remaja dengan diabetes perlu rutin memeriksa kadar gula darah dan memperhatikan makanannya serta rutin berolahraga.

4. Usia di atas 20 Tahun

Seseorang dengan usia di atas 20 tahun memiliki kadar gula darah normal di kisaran 100-180 mg/dL per hari. Saat bangun di pagi hari, gula darah harus berada di titik terendah karena tubuh belum makan selama sekitar 8 jam. Kategori kadar gula rendah adalah saat angka pemeriksaannya kurang dari 100 mg/dL. Sudah memasuki kategori berbahaya jika angkanya di bawah 70 mg/dL.

Lalu, seseorang dapat dianggap memiliki kadar gula darah tinggi jika angkanya melebihi 130 mg/dL sebelum makan atau 180 mg/dL setelah makan dalam waktu 1-2 jam. Kebanyakan orang tidak mengalami gejala hingga kadar gulanya mencapai 250 mg/dL atau lebih tinggi. Tingkat gula darah tertinggi yang masih dianggap aman umumnya sekitar 160-240 mg/dL.

Nah, itulah kadar gula darah normal menurut usia yang perlu diketahui. Sangat penting untuk memeriksakan kadar gula darah di dalam tubuh secara rutin. Terlebih, pada seseorang yang memiliki risiko untuk alami masalah seperti diabetes. Hal ini juga perlu dilakukan jika kamu memiliki kebiasaan makan banyak atau kuliner. Jika diabetes terdiagnosis secara dini, penanganan yang tepat bisa dilakukan.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar