Bayi 6 Bulan: Mulai Mengonsumsi Makanan Padat

KBRN, Padang : Bayi usia 6 bulan biasanya sudah mulai memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya dan senang duduk bermain di lantai serta melihat keadaan di sekelilingnya.

Dibandingkan bayi 5 bulan, berat badan bayi 6 bulan semakin meningkat. Bayi laki-laki berusia 6 bulan pada umumnya punya berat badan sekitar 6,4–9,7 kg, dengan panjang 63–71 cm. Sementara itu, bayi perempuan di usia ini biasanya punya berat badan sekitar 5,8–9 kg, dengan panjang 61,5–70 cm.

Kemampuan Motorik Bayi 6 Bulan

Kaki bayi 6 bulan umumnya sudah dapat menopang sebagian berat tubuhnya. Oleh karena itu, jika Si Kecil ingin belajar duduk atau berdiri, Bunda bisa membantunya dengan memegang kedua ketiaknya.Kekuatan otot kaki dan lengan bayi 6 bulan memiliki peran penting untuk tahapan selanjutnya, yaitu merangkak. Bunda dapat membantu melatih kekuatan otot dengan menempatkan mainan di sekitar Si Kecil untuk ia jangkau.Selain itu, bayi 6 bulan umumnya sudah mampu melakukan hal-hal berikut:

Gemar menjatuhkan benda apa pun ke lantai untuk memperhatikan bunyi yang akan ditimbulkan

Mulai bisa merangkak. Sebagian bayi pada awalnya merangkak ke belakang, kemudian merangkak ke depan

Mudah mengangkat benda dengan satu tangan dan memindahkan ke tangan yang lain

Mulai tertarik pada benda-benda kecil. Awasi Si Kecil saat bermain, pastikan ia tidak memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya agar tidak tersedak

Mulai bisa menggulingkan badan ke depan dan ke belakang

Karena bayi 6 bulan sudah bisa bergerak ke mana-mana, tentu dia membutuhkan pemantauan yang lebih ketat. Sebisa mungkin, jangan tinggalkan Si kecil sendiri tanpa pengawasan.

Kemampuan Bicara

Umumnya bayi 6 bulan sudah bisa mengenali nama dan mengerti kata-kata sederhana, seperti “Tidak”, “Jangan”, atau “Dadah”.

Kemampuan motorik dan pemahamannya terhadap bahasa memang lebih cepat berkembang dibandingkan kemampuan bicara, tetapi dia sudah dapat menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Misalnya, menunjuk sesuatu yang diinginkan, menggeleng jika tidak setuju, atau melambai pada orang lain.

Membacakan dongeng pada Si Kecil dan membiarkannya memperhatikan gambar-gambar menarik dalam buku akan membuat kemampuan bahasanya berkembang lebih baik. Ia juga akan tumbuh menjadi anak yang cinta pada buku.

Di usia 6 bulan, bayi umumnya memang belum fokus memperhatikan sesuatu atau sabar mendengarkan cerita yang dibacakan oleh orang tuanya, tetapi dia akan senang memperhatikan warna dan gambar, meski hanya sebentar.

Kemampuan Sosial

Pada usia 6 bulan, kemampuan interaksi bayi akan mengalami banyak perkembangan, seperti:

Jika sebelumnya dia masih enggan merespons atau takut pada kehadiran wajah-wajah baru, di usia 6 bulan bisa jadi bayi akan menjadi lebih terbuka dan merespons senyuman serta ajakan orang lain untuk bercanda. Dia juga bisa seketika akrab dengan orang yang menurutnya menarik.

Bayi akan berusaha menarik perhatian, baik dengan tindakan yang menyenangkan maupun yang tidak. Pada usianya kini, Bunda sudah bisa mulai mengajarkan Si Kecil mana tindakan yang baik dan buruk.

Menangis kini tidak lagi menjadi satu-satunya cara untuk menunjukkan ekspresi dan menarik perhatian orang lain. Bayi sudah bisa berteriak, memukul-mukul, menjatuhkan benda, dan menimbulkan kegaduhan.

Bayi dapat merespons ekspresi yang diperlihatkan orang lain.

Bayi dapat merespons ketika namanya disebut dan merespons suara dengan bersuara juga.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar