Cara Tepat Menghindari Diri dari Toxic Relationship

KBRN, Padang : Toxic relationship adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan “hubungan beracun” sehingga tidak sehat untuk dijalani bagi kesehatan mental. Ada banyak definisi terkait racun dalam hubungan, misalnya perlakuan-perlakuan yang tidak baik, terlalu menuntut, suka memukul, terlalu cemburu, selalu menyalahkan pasangan, serta tidak mau mengakui jika berbuat salah. 

Berada di tengah toxic relationship bisa jadi sangat melelahkan. Maka dari itu, beberapa orang seringkali berusaha untuk menghindari pasangan yang dianggap sebagai toxic. Lantas, adakah cara tepat yang bisa dilakukan untuk menghindari diri dari jerat hubungan beracun yang tidak sehat? Jawabannya ada. Cari tahu selengkapnya di artikel berikut ini! 

Tips Agar Terhindar dari Toxic Relationship 

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar terhindar dari hubungan beracun. Hal paling utama yang harus diketahui adalah, kenali diri sendiri dan jujur dengan apa yang dirasakan saat bersama pasangan. Coba perhatikan beberapa pertanyaan di bawah ini: 

  1. Bagaimana Rasanya saat Bersama Dia? 

Ini adalah cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang bisa menjadi “pasangan yang sehat” atau tidak. Coba tanyakan pada diri sendiri, bagaimana rasanya saat bersama si dia? Jika kamu merasa kurang nyaman, bosan, dan sering berpikir buruk tentang diri sendiri serta merasa tidak mendapatkan dukungan yang baik, pikirkan lagi. Sebab, itu bisa menjadi tanda awal seseorang menjadi racun dalam hidup kamu. 

  1. Saat Bersama, Apakah Kamu Menjadi Versi Terbaik? 

Setiap orang tentu memiliki ukuran dan perasaan di mana dirinya menjadi versi terbaik. Pada beberapa kasus, hal ini bisa semakin menonjol saat kamu bersama atau menjalin hubungan dengan seseorang. Ciri pasangan yang sehat adalah bisa mendorong seseorang untuk bertindak dengan bijaksana dan ramah, selalu mengatakan hal-hal yang baik, merasa pintar, menarik, dan mampu melakukan banyak hal. Jika sebaliknya, sebaiknya hindari orang itu.

  1. Bagaimana Rasanya saat Tidak Bersama? 

Pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab sebelum memutuskan seseorang beracun atau tidak, bagaimana rasanya saat sedang tidak bersama? Jika saat menghabiskan waktu bersama terasa melelahkan, apakah saat sedang tidak bersama justru sebaliknya? Merasa lebih tenang dan nyaman. Jika iya, maka itu bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut mungkin akan membawa kamu ke dalam toxic relationship. 

  1. Merasa Lebih Kreatif dan Terinspirasi saat Bersama? 

Semua orang punya sisi kreatif. Beberapa orang bahkan sangat berbakat dalam menginspirasi orang lain untuk berpikir dengan cara baru atau membuat proyek baru. Jika kamu merasa lebih kreatif dan terinspirasi setelah bersama orang-orang tertentu, artinya orang itu cukup sehat. Jika sebaliknya, sebaiknya segera menghindar. 

  1. Apakah Aktivitas Fisik dan Mental Lebih Sehat saat Bersama? 

Ada beberapa orang yang memberi pengaruh baik, secara fisik maupun mental. Contoh sederhana dari “pasangan sehat” adalah saling mendukung untuk menjadi lebih baik, berolahraga bersama, menjaga kesehatan, serta peduli dengan kondisi mental masing-masing. Saat bersama maupun tidak. Jika pasanganmu selalu mengajak untuk mengembangkan diri dan mencoba hal baru, pertahankan! 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar