Membuat Obat Herbal Sinusitis Sendiri di Rumah

KBRN, Padang : Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Infeksi virus dan bakteri adalah dua faktor utama yang dapat menyebabkan kondisi ini.

Beberapa penelitian terkini menunjukkan adanya beberapa jenis obat herbal yang dapat membantu meringankan gejala sinusitis. Obat herbal sinusitis bisa dikategorikan sebagai terapi pendukung untuk meringankan gejala yang muncul, seperti hidung tersumbat atau batuk.

Beberapa obat herbal sinusitis yang dipercaya dapat mengatasi gejala-gejala tersebut adalah:

1. Jahe

Tanaman herbal yang dikenal karena rasa pedasnya ini memiliki khasiat sebagai antimikroba, antioksidan, pereda nyeri, antiradang, dan pereda mual.Mengonsumsi air rebusan jahe dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan hidung mampet karena flu dan sinusitis. Meski demikian, manfaat jahe sebagai obat herbal sinusitis masih belum didukung oleh fakta ilmiah yang akurat.

2. Nanas

Ada juga sebagian orang yang menggunakan bromelain, yaitu enzim yang terdapat dalam nanas untuk meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan, membantu menekan batuk, serta mengencerkan lendir di tenggorokan.Bromelain dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati sinusitis. Namun, belum ada cukup bukti ilmiah yang mendukung anggapan tersebut.Di samping itu, bahan yang tersedia dalam bentuk suplemen ini bisa menyebabkan efek interaksi dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

3. Madu

Madu dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan yang biasanya juga dialami oleh penderita sinusitis. Menurut sebuah penelitian, madu dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan yang mengandung dextromethorphan (DMP).

4. Quercetin

Quercetin merupakan kandungan antioksidan golongan flavonoid yang terpadat dalam bawang bombay, apel, dan teh hijau. Sebagai obat herbal sinus, kandungan ini bekerja dengan cara menghambat sekresi lendir di sinus.

Namun perlu diingat, berbagai obat herbal sinusitis tersebut hanya dapat meredakan gejala-gejalanya saja dan belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan sinusitis. Jadi, Anda tetap butuh perawatan medis untuk mengobati sinusitis sampai tuntas.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar