Mengenal Khasiat Nanas untuk Kesehatan Kulit

KBRN, Padang : Di dalam sekitar 1 cangkir atau setara dengan 165 gram nanas, terkandung 2,3 gram serat, 1,7 mg natrium, 1 gram protein, dan 82,5 kalori. Dengan mengonsumsi 1 cangkir nanas, kamu juga sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin C, vitamin B, zat besi, dan kalium. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain.

Berikut adalah beberapa khasiat nanas untuk kesehatan kulit yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah penuaan dini pada kulit

Tahukah kamu? Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh juga akan menurun, lho. Padahal, kolagen diperlukan untuk mendukung proses regenerasi kulit, serta menjaga kulit tetap elastis dan terhidrasi.Nah, dengan mengonsumsi nanas, produksi kolagen dalam tubuh bisa dimaksimalkan. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas. Dengan diproduksinya kolagen, maka risiko terjadinya penuaan dini pada kulit, yang biasanya ditandai dengan kulit kering dan munculnya keriput, juga bisa dicegah.

2. Mencegah kerusakan kulit

Vitamin C yang tinggi dalam nanas memiliki sifat antioksidan yang sangat baik, lho. Sifat antioksidannya ini dapat mencegah dan mengurangi kerusakan kulit akibat stres oksidatif.Stres oksidatif bisa terjadi apabila kamu kerap terpapar radikal bebas berlebih, misalnya dari polusi udara, asap rokok, dan makanan yang terkontaminasi pestisida.

3. Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang baik. Sifat-sifatnya ini disebut dapat mempercepat penyembuhan salah satu penyakit kulit, yakni pityriasis lichenoides chronica (PLC).PLC adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gejala berupa munculnya bintik-bintik kecil, papula, dan kulit bersisik. Sebuah studi menyebutkan, bromelain bisa digunakan dalam pengobatan PLC.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengonsumsi nanas ternyata juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi atau cedera, lho. Khasiat nanas untuk kulit yang satu ini didapatkan dari kombinasi kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang dapat mendukung produksi sel dan jaringan kulit baru pada luka.

5. Mengatasi jerawat

Aktivitas antimikroba dari enzim bromelain juga dinilai memiliki potensi dalam mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri penyebab jerawat pada kulit, seperti S. epidermidis dan P. acnes.Nah, itulah beberapa khasiat nanas yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan kulitmu. Untuk merasakan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya masukkan nanas ke dalam menu makanan sehari-hari ya, misalnya sebagai camilan sehat di sela-sela waktu makan utama.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar