Manfaat Stroberi untuk MPASI Bayi

KBRN, Padang : Pemberian MPASI pada bayi dianjurkan berasal dari makanan yang sehat dan beragam, mulai dari sayuran, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, umbi-umbian, hingga buah-buahan. Nah, salah satu buah yang bisa Bunda sajikan sebagai menu MPASI bayi adalah stroberi.

Buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam ini mengandung beragam nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi, seperti karbohidrat, serat, vitamin C, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan potasium.

Stroberi bisa Bunda berikan kepada Si Kecil saat ia sudah mulai mengonsumsi MPASI, yaitu sekitar usia 6 bulan. Buah ini bukan termasuk makanan yang berisiko tinggi menyebabkan alergi, jadi tergolong aman kok disajikan pada Si Kecil di awal masa MPASIBerikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Si Kecil dapat dari mengonsumsi stroberi sebagai MPASI:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Stroberi kaya akan serat dan memiliki kadar air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 91%. Nutrisi ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar.Nah, dengan mengonsumsi buah ini, Si Kecil pun juga akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Dalam 100 gram stroberi terkandung sekitar 56 mg vitamin C. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bayi lho, Bun. Selain itu, stroberi juga mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.Nutrisi dan senyawa tersebut bisa memperkuat daya tahan tubuh bayi untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Dengan begitu, proses tumbuh kembangnya pun menjadi lebih optimal.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kalium, serat, serta antosianin yang terkandung pada stroberi diketahui dapat menjaga tekanan darah tetap normal, menjaga irama jantung tetap teratur, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Oleh karena itu, menyajikan stroberi ke Si Kecil sebagai MPASI akan menjaga fungsi dan kesehatan jantungnya, Bun.

4. Mengontrol kadar gula darah

Stroberi tergolong sebagai buah dengan indeks glikemik yang rendah. Jadi, mengonsumsi buah ini tidak akan memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis dalam tubuh bayi.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar