Kenali Ciri Kanker Payudara Berdasarkan Stadiumnya

KBRN, Padang : Kanker payudara terbagi menjadi beberapa stadium berdasarkan ukuran dan penyebarannya. Hal ini disebabkan karena kanker payudara dipicu oleh mutasi atau pertumbuhan sel yang tidak terkendali pada jaringan payudara. Oleh sebab itu, penting untuk segera mengobati kanker payudara supaya tidak berkembang ke stadium lanjut.

Pasalnya, semakin awal terdeteksi dan diobati, peluang kesembuhannya bisa semakin besar. Lantas, seperti apa ciri dari kanker payudara? Berikut ciri kanker payudara berdasarkan stadiumnya.

Ciri Kanker Payudara Berdasarkan Stadium

Melansir dari laman Breast Cancer Organization, kanker payudara terbagi menjadi empat stadium yang dikategorikan melalui ukuran tumor dan penyebarannya. Berikut ciri dari kanker payudara berdasarkan stadiumnya:

1. Stadium 0

Pada tahap ini, kanker payudara masih bersifat non-invasif. Artinya, tidak ada bukti sel kanker atau sel abnormal non-kanker yang keluar dari bagian payudara, atau menembus dan menyerang jaringan normal di sekitarnya. Di tahap ini pula, pengidap kanker mungkin belum merasakan gejala yang signifikan bahkan tidak merasakan adanya gejala.

2. Stadium I

Setelah memasuki stadium I, sel kanker sudah mulai invasif. Sel-sel kanker ini telah menerobos jaringan payudara normal di sekitarnya. Pada stadium ini, kanker atau tumor berukuran setidaknya 2 sentimeter. Kendati demikian, kanker belum menyebar ke luar payudara dan tidak ada kelenjar getah bening yang terlibat

3. Stadium II

Pada stadium II, ukuran tumor sudah melebihi 2 sentimeter, yakni sekitar 2-5 sentimeter. Kanker juga telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila, yaitu kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan. Selain menyebar ke kelenjar aksila, tumor juga telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada di dekat tulang payudara. Nah, sel-sel kanker yang sudah menyebar ini umumnya berukuran 0,2 milimeter. 

4. Stadium III

Ciri kanker telah memasuki stadium III adalah ukuran tumornya yang sudah melebihi 5 sentimeter. Selain itu, sel kanker juga telah menyebar ke 4-9 kelenjar getah bening aksila atau kelenjar yang di dekat tulang dada. Kelompok kecil sel kanker payudara yang sudah menyebar umumnya melebihi 0,2 milimeter. 

5. Stadium IV

Stadium IV ditandai dengan kanker yang sudah sangat invasif, sampai menyebar di luar jaringan payudara dan getah bening. Sel kanker bisa menyebar ke organ lain seperti paru-paru, kelenjar getah bening yang letaknya jauh, kulit, tulang, hati, atau otak. Kanker payudara yang telah mencapai stadium IV biasanya sudah dikatakan sebagai metastasis atau kanker stadium lanjut. 

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC)setiap orang bisa memiliki gejala kanker payudara yang berbeda-beda. Beberapa bahkan tidak mengalami gejala sama sekali. Kendati demikian, kamu perlu waspada bila mendapati gejala awal kanker payudara berikut ini:

  • Benjolan baru di payudara atau ketiak;
  • Penebalan atau pembengkakan pada bagian payudara;
  • Iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara;
  • Kemerahan atau kulit terkelupas di area puting atau payudara;
  • Puting terasa sakit saat ditarik;
  • Area puting terasa perih sampai nyeri;
  • Keluarnya cairan dari puting selain ASI;
  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara;
  • Nyeri di setiap area payudara.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar