Kenali Lebih Dekat Penyebab dan Gejala Kanker Otak

KBRN, Padang : Otak adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peranan penting. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan otak agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kanker otak. Penyakit ini terjadi ketika terdapat sel kanker pada jaringan otak dan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali.

Pertumbuhan sel abnormal dalam otak menyebabkan penumpukkan massa yang dikenal sebagai tumor. Ada dua tipe tumor ganas yang dapat menyerang otak, yaitu yang berasal dari otak dan berasal dari proses penyebaran sel kanker bagian tubuh yang lain. Sebaiknya kenali berbagai penyebab dan gejala kanker otak yang akan dialami oleh pengidapnya. Yuk, simak dalam ulasan ini!

Penyebab Kanker Otak

Kanker otak adalah penyakit pada otak yang terjadi akibat munculnya sel kanker pada jaringan otak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan atau mutasi pada jaringan otak yang membentuk jaringan abnormal secara tidak terkendali. Kondisi ini akan membentuk massa jaringan kanker yang dikenal sebagai tumor ganas. 

Penyakit yang tidak ditangani dengan baik menyebabkan tumor ganas semakin membesar dan mengganggu fungsi otak sehat. Otak yang sehat memiliki peran untuk mengontrol otot, merasakan sensasi tertentu, proses mengingat, bergerak, berkomunikasi, dan fungsi tubuh normal lainnya.

Tumor ganas yang muncul pada jaringan otak bisa berasal dari otak yang dikenal sebagai kanker otak primer. Tumor ganas yang muncul juga bisa terjadi akibat sel kanker yang menyebar dari bagian tubuh lainnya dikenal sebagai kanker otak sekunder.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab perubahan atau mutasi jaringan di otak. Namun, ada beberapa faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker otak. 

Paparan bahan kimia (benzema) di lingkungan kerja dalam waktu yang cukup lama menjadi pemicu kanker otak. Kanker otak yang dipicu oleh paparan bahan kimia biasanya kerap dialami oleh seseorang yang bekerja di kilang minyak, ahli kimia, hingga pekerja industri karet.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dinilai menjadi pemicu kanker otak. Merokok memang dikenal sebagai salah satu pemicu kanker terbesar. Dengan merokok, kamu berisiko tinggi untuk mengalami kanker paru-paru, usus besar, ginjal, hingga leukemia. Bukan tidak mungkin penyakit tersebut dapat menyebar dan meningkatkan risiko kanker otak.

Gejala Kanker Otak

Gejala kanker otak juga akan dialami berbeda oleh setiap pengidapnya. Namun, ada beberapa gejala yang sebaiknya perlu diwaspadai sebagai gejala kanker otak.

Pengidap kanker otak umumnya akan mengalami sakit kepala yang tidak kunjung membaik. Sakit kepala akan semakin memburuk pada pagi hari. Biasanya, kondisi ini membaik setelah pengidap kanker otak mengalami muntah.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar