Manfaat Meditasi Kundalini

KBRN, Padang : Meditasi Kundalini dapat meningkatkan kesadaran diri, menjernihkan isi pikiran, dan melatih keseimbangan energi di dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat meditasi Kundalini yang sayang jika kamu lewatkan:

1. Meningkatkan kesadaran diri

Meditasi Kundalini dapat meningkatkan kemampuan memahami diri sendiri, sehingga memungkinkan seseorang mampu berpikir kritis dan lebih mudah mengenali pikiran negatif yang bisa merugikan diri sendiri.Selain itu, meningkatnya kesadaran diri juga akan membantu seseorang untuk mengenali potensi yang ia miliki, mengevaluasi diri, mengendalikan emosi, dan lebih memiliki kepekaan terhadap lingkungan.

2. Mengelola stres

Stres bisa dikendalikan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan rutin melakukan meditasi Kundalini. Teknik meditasi ini diketahui dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh.Oleh karena itu, melakukan meditasi Kundalini secara rutin akan membantu menenangkan pikiran dan perasaan serta membuat tidur lebih nyenyak.

3. Mengurangi gejala penyakit mental

Rutin melakukan Kundalini juga bisa meredakan gelisah dan kecemasan, sehingga dianjurkan untuk penderita gangguan kecemasan atau depresi. Selain itu, meditasi Kundalini juga mampu meningkatkan perasaan positif, sehingga dapat membantu meredakan gejala PTSD, obsessive compulsive disorder, dan gangguan tidur.

4. Menyehatkan jantung

Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental saja, meditasi Kundalini juga berdampak baik pada kesehatan fisik, lho. Penelitian membuktikan bahwa meditasi ini bisa membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kamu merasa sering lupa atau sulit berkonsentrasi? Kalau iya, coba deh rutin melakukan meditasi Kundalini. Pasalnya, meditasi ini bisa meningkatkan konsentrasi, kemampuan mengingat, dan berpikir. Dengan begitu, kemampuan dalam menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah juga bisa meningkat.

6. Menumbuhkan cinta dan kasih sayang

Meditasi Kundalini dapat menciptakan kesadaran untuk mencintai diri sendiri dan orang lain. Semakin banyak perasaan positif yang tercipta dari meditasi, maka akan semakin tinggi juga rasa cinta dan kasih sayang untuk diri sendiri dan sesama.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar