Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Anak

KBRN, Padang : Brokoli sudah bisa diberikan kepada anak sejak ia mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Biasanya, brokoli diolah menjadi campuran sup. Akan tetapi, brokoli juga nikmat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis lho, Bun.

Melihat kandungan gizinya, menyantap brokoli secara rutin bisa memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan anak, di antaranya:

1. Memperkuat sistem imun

Kandungan vitamin C, zinc, selenium, zat besi, dan protein pada brokoli bermanfaat untuk memperkuat sistem imun anak, Bun. Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, diketahui imunitas anak akan semakin kuat, sehingga ia pun tidak mudah untuk terserang penyakit.

2. Menjaga kesehatan otak

Brokoli kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif alami yang dapat meningkatkan fungsi sel saraf sehingga bisa menjaga kesehatan otak anak. Kandungan sulforaphane pada brokoli pun dipercaya bisa melindungi otak dan mencegah gangguan kognitif di kemudian hari.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung serat, air, dan antioksidan yang penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Nah, sistem pencernaan yang baik turut memengaruhi proses tumbuh kembang anak lho, Bund. Mengonsumsi brokoli juga akan menurunkan risiko anak mengalami sembelit.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Brokoli mengandung kalsium, vitamin K, fosfor, vitamin A, dan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Bahkan, kandungan vitamin C dan kalsium pada brokoli juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit gigi dan mulut lho, Bun.Selain itu, kaempfrol yang merupakan salah satu jenis flavonoid yang ada di sayuran hijau ini diketahui berperan dalam mencegah periodontitis.

5. Menjaga kesehatan mata

Biasanya, untuk menjaga kesehatan mata, anak dianjurkan untuk sering makan sayuran berwarna oranye, seperti wortel ya, Bun. Padahal, selain wortel, brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang memiliki peran besar dalam mencegah terjadinya kerusakan mata, Bun.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar