Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

KBRN, Padang : Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang berasal dari sel-sel di payudara. Sel kanker dapat muncul pada bagian payudara ketika terjadi perubahan atau mutasi sel DNA pada payudara yang menyebabkan munculnya sel abnormal dan tidak terkendali. 

Menurut World Health Organization, pada 2020 terdapat 2,3 juta kasus kanker payudara pada wanita dan menyebabkan 685.000 kematian. Kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang bisa diturunkan risiko komplikasinya dengan pengobatan yang tepat dan sesuai. Untuk itu, sangat penting mengetahui ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali agar penyakit ini bisa diobati sejak dini.

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Kanker payudara dikenal sebagai salah satu jenis kanker yang paling menakutkan bagi wanita. Padahal, kanker payudara tidak hanya dapat dialami oleh wanita. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pada pria.

Memperhatikan kondisi payudara selagi normal adalah hal yang wajar untuk mengetahui setiap perubahan yang terjadi. Umumnya, kanker payudara tidak menunjukkan gejala yang signifikan di awal perkembangannya. Namun, saat sel kanker mulai berkembang dan menyebar kondisi ini dapat menyebabkan beberapa gejala. 

Sebaiknya ketahui ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali agar kondisi ini segera mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan. Dengan begitu, kamu dapat mencegah perburukan penyakit yang bisa terjadi. 

Berikut ini ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali, yaitu:

  1. Pembengkakan di Payudara, Tulang Selangka, dan Ketiak

Meskipun tidak selalu menandakan gejala kanker payudara, kamu perlu mewaspadai pembengkakan yang terjadi pada bagian payudara, tulang selangka, maupun ketiak. 

Biasanya, pembengkakan bisa terjadi sebelum muncul benjolan pada area payudara. Pembengkakan umumnya terjadi akibat sel kanker yang memengaruhi kelenjar getah bening. 

  1. Benjolan Payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali lainnya adalah munculnya benjolan di payudara. Sebaiknya kenali beberapa ciri-ciri benjolan di payudara yang menandakan gejala kanker, seperti benjolan yang berkembang lambat, tidak menyebabkan rasa nyeri, keras, dan sulit digerakkan.

  1. Nyeri pada Payudara

Sangat normal jika para wanita mengalami nyeri payudara saat memasuki siklus menstruasi. Namun, jika nyeri pada bagian payudara yang dialami wanita tidak kunjung membaik setelah melalui siklus menstruasi sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Apalagi jika nyeri yang dirasakan semakin memburuk dan tidak kunjung membaik.

  1. Perubahan pada Kulit Payudara

Jangan abaikan jika kamu mengalami perubahan pada kulit payudara. Kulit payudara yang menebal dan berkerut menyerupai kulit jeruk bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali.

  1. Puting Masuk ke Dalam

Umumnya, puting akan menonjol keluar. Pada pengidap kanker payudara puting akan tertarik ke dalam. 

  1. Puting Mengeluarkan Cairan

Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit jika kamu mendapatkan puting mengeluarkan cairan di luar masa menyusui. Apalagi jika cairan berwarna kemerahan.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar