Cara Meringankan dan Mengatasi Kaligata

KBRN, Padang : Kaligata merupakan bentol-bentol di kulit disertai ruam kemerahan, terasa gatal, dan terkadang terasa perih menyengat. Biasanya kaligata muncul akibat reaksi alergi. Meski demikian, banyak kasus kaligata, terutama kaligata kronik, yang tidak diketahui penyebabnya.

Cara Meringankan dan Mengatasi Kaligata

Mengutip www.alodokter.com meskipun terasa sangat gatal dan mengganggu, kaligata dapat dicegah atau diringankan dengan cara-cara berikut:

1. Menghindari faktor-faktor pemicu

Catat tiap kali kaligata muncul. Misalnya, kaligata muncul ketika Anda terpapar suhu panas atau dingin, atau pun ketika baru saja mencoba makanan tertentu.Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih mudah mengetahui sekaligus menghindari pemicu terjadinya kaligata.

2. Jangan digaruk

Menggaruk kaligata justru dapat membuat kulit iritasi. Jika Anda tidak tahan dengan rasa gatalnya, kompres dengan es yang dibungkus kain selama beberapa saat.

3. Berendam oatmeal

Sifat antiperadangan pada oatmeal dapat meredakan gatal dan bengkak kaligata. Tambahkan 1-2 cangkir oatmeal koloid ke dalam bak mandi berisi air hangat suam kuku. Pastikan air tidak terlalu panas, karena justru dapat memperparah kaligata.Kemudian, berendamlah dalam larutan oatmeal selama 15 menit dan keringkan kulit dengan lembut.

4. Hindari stres

Stres dapat memperburuk rasa gatal akibat kaligata, jadi sebisa mungkin hindari stres dan tenangkan diri Anda.Lakukan kegiatan yang bisa membuat Anda menjadi lebih santai, seperti relaksasi, mendengarkan musik, berjalan-jalan, latihan pernapasan, atau meditasi.

5. Minum obat antihistamin

Antihistamin dapat membantu mengurangi gatal dan bengkak. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter mengenai jenis obat antihistamin yang paling cocok untuk kondisi Anda.

6. Mengoleskan losion

Untuk mengatasi kaligata, Anda bisa mengoleskan losion yang mengandung calamine. Losion calamine mengandung zinc oksida yang bermanfaat meredakan gatal. Losion calamine memiliki warna khas merah mudah.Pilihan lainnya adalah mengoleskan losion mengandung lidah buaya, karena tanaman ini dapat menenangkan, mendinginkan, dan meringankan gatal. Namun, Jangan lupa untuk selalu melakukan tes terlebih dahulu sebelum menggunakannya di seluruh tubuh.Apabila tidak ada reaksi iritasi atau alergi, penggunaan produk tersebut bisa dilanjutkan.

7. Pertimbangkan akupunktur

Mungkin Anda tidak mengira bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi rasa gatal, terutama gatal yang bersifat kronis.Suatu penelitian menunjukkan bahwa akupuntur ditambah pemberian obat antihistamin, efektif dalam meredakan gejala kaligata kronis. Jika berminat, pilihlah ahli akupunktur yang kompeten untuk memberikan terapi pengurang rasa gatal akibat kaligata.Pencegahan dan cara meringankan kaligata tampak mudah. Namun, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter kulit, terutama jika rasa gatal tidak kunjung berkurang dan sembuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar