Manfaat Daun Sambiloto untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan

KBRN, Padang : Daun sambiloto (Andrographis paniculata) adalah salah satu tanaman obat tradisional yang banyak dibudidayakan di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Daun ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi hati, penyakit jantung, alergi, hingga infeksi.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa daun sambiloto kaya akan antioksidan, seperti andrographolide, flavonoid, terpenoid, tannin, dan saponin. Selain itu, tanaman ini juga diketahui bersifat antiradang, antikanker, antibakteri, dan antivirus.

Dengan beragam nutrisinya tersebut, daun sambiloto diketahui dapat menurunkan risiko terkena masalah kulit. Inilah mengapa Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengutip m.fimela.com berikut ini adalah deretan manfaat daun sambiloto untuk kulit yang bisa Anda peroleh:

1. Melindungi kulit dari bahaya radikal bebas

Setiap saat, kulit dapat terpapar radikal bebas dari berbagai sumber, seperti sinar UV, debu, atau polusi. Lama-kelamaan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.Nah, antioksidan dalam daun sambiloto bisa membantu atasi masalah tersebut. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa kandungan antioksidan dalam tanaman ini, yaitu andrographolide dan flavonoid, berkhasiat untuk mengatasi peradangan kulit dan tanda-tanda penuaan serta melindungi kulit dari bahaya sinar UVB.Selain itu, daun sambiloto juga bersifat antikanker dan antiradang sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

2. Mencegah infeksi pada kulit

Daun sambiloto juga diketahui bisa melindungi kulit dari infeksi akibat bakteri dan virus. Ini karena daun sambiloto mengandung zat aktif yang bersifat antibakteri dan antivirus.Tidak hanya infeksi pada kulit, daun sambiloto juga dapat digunakan untuk meredakan gejala infeksi pada saluran pernapasan, seperti flu, sinusitis dan pneumonia.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Selain mencegah dan mengatasi infeksi, daun sambiloto juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka di kulit dan meredakan gatal-gatal. Daun sambiloto juga dipercaya dapat mendukung pembentukan kolagen di kulit.Meski begitu, efektivitas dan keamanan daun sambiloto pada luka terbuka di kulit masih perlu diteliti lebih lanjut. Apabila Anda memiliki luka terbuka disertai perdarahan yang tak kunjung berhenti atau bahkan luka berbentuk borok yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya.

4. Mencegah dan meringankan gejala alergi

Daun sambiloto diketahui dapat memperbaiki kinerja sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antiradang. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat mencegah dan meringankan alergi.Berkat efek tersebut, daun sambiloto memiliki potensi untuk dikonsumsi guna mencegah dan meringankan alergi di kulit, seperti eksim. Meski demikian, manfaat sambiloto pada kulit yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.Jika Anda mengalami penyakit eksim, penting untuk menjauhi faktor pencetus gejala eksim serta menggunakan obat-obatan dari dokter guna menangani penyakit tesebut.

Selain aneka manfaat di atas, daun sambiloto juga memiliki banyak manfaat lain untuk kulit, yaitu mencegah penuaan dini dan mengatasi jerawat. Namun, efektivitas dan keamanan daun sambiloto untuk kulit secara umum masih perlu diteliti lebih lanjut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar