MENGENAL LETHOLOGICA

KBRN, Padang: Pernahkah Anda lupa kata apa yang ingin Anda ucapkan, padahal rasnya sudah diujung lidah? Dalam dunia medis, ini disebut dengan “Lethologica”.

Lethologica berasal dari bahasa Yunani klasik, yakni lethe (forgetfulness atau kelupaan) dan logo (word atau kata). Jika digabungkan, istilah ini bisa mengarah pada makna ‘kelupaan suatu kata’.

Adapun para psikolog mengartikan kondisi ini sebagai ketidakmampuan otak sementara untuk mengambil informasi dari ingatan atau memori.

Lethologica adalah nama lain dari tip of the tongue atau fenomena di ujung lidah. Nama ini digunakan karena kata-kata yang terlupa sempat tebersit di pikiran, tetapi seperti tertahan di ujung lidah. Seseorang yang mengalaminya sudah mengetahui sesuatu yang ingin ia ucapkan, tetapi tiba-tiba lupa dan sulit mengungkapkan kata-kata tersebut.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Ini terjadi karena adanya gangguan dalam memproses bahasa. Akibatnya, otak menjadi tidak sinkron dengan pengucapan.

Menurut para ahli, ada beberapa factor yang menyebabkan Anda jadi lebih sering mengalami lethologica. Dirangkum dari Hellosehat.com, berikut penyebab terjadinya lethologica.

  1. Lethologica bisa terjadi pada semua usia
  2. Merupakan gangguan sistem saraf yang tidak berbahaya
  3. 90% orang normal pernah mengalaminya
  4. Bisa jadi dipicu oleh konsumsi kafein, kelelahan, atau emosional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar