Ciri-Ciri Kucing Sakit yang Penting untuk Dikenali

KBRN, Padang : Saat sedang sakit, kucing biasanya akan menunjukkan beberapa ciri tertentu. Ciri ini bisa mudah dikenali, tetapi bisa juga tampak seperti hal yang normal. 

Mengutip www.alodokter.com agar tidak bingung lagi, berikut adalah ciri-ciri kucing sakit:

1. Perubahan perilaku

Kucing yang sakit bisa dikenali dari perilakunya. Beberapa kucing bisa menjadi pendiam secara tiba-tiba, sering bersembunyi, atau tidak aktif seperti biasanya. Sementara itu, sebagian kucing lain bisa menjadi lebih rewel, lebih lengket, atau menuntut perhatian lebih dari pemiliknya.

2. Kelelahan atau terlihat tidak bertenaga

Saat sedang sakit, seekor kucing juga biasanya menunjukkan tanda-tanda lelah, lemas, atau tidak bertenaga. Ia juga bisa menunjukkan tanda dan gejala lain, seperti:

Duduk dalam posisi membungkuk

Lebih banyak tidur dan tidak mau bermain

Gelisah

Tidak mengangkat kepalanya dengan benar

Sering memiringkan kepala

3. Muntah dan kurang mau makan

Ciri-ciri kucing sakit selanjutnya adalah muntah dan kurang mau makan. Kucing muntah sering kali disebabkan oleh sakit perut ringan, keracunan makanan, alergi makanan, atau mabuk perjalanan.Namun, muntah pada kucing juga bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius, mulai dari radang pankreas, penyakit ginjal, penyumbatan usus, efek samping obat, penyakit radang usus, hingga penyakit hati.Jika kucingmu terus-menerus muntah dan tidak mau makan atau minum berhari-hari, segera bawa ia ke dokter hewan agar bisa diberikan penanganan yang tepat.

4. Dehidrasi

Kucing yang sakit juga sering kali akan mengalami dehidrasi. Hal ini umumnya terjadi karena ia tidak mau makan dan minum atau diare dan banyak muntah. Saat mengalami dehidrasi, kucing akan tampak sangat lemas dan cenderung banyak mengantuk.Selain itu, untuk melihat apakah kucing peliharaanmu mengalami dehidrasi, coba pegang kulit di dekat tulang belikatnya dengan lembut, tarik ke atas dan menjauh dari tubuhnya, lalu lepaskan. Kulit kucing harus segera kembali ke tempatnya. Jika tidak, itu menandakan bahwa ia mengalami dehidrasi.

5. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan pada kucing juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang sakit. Untuk mengeceknya, kamu harus sering-sering merabai sepanjang tulang rusuk dan tulang belakangnya.Jika kucingmu dirasa mengalami penurunan berat badan, itu bisa menjadi tanda penyakit tertentu yang perlu diwaspadai.

6. Kesulitan bergerak

Tak hanya berat badan, kamu juga harus peka dengan memperhatikan pergerakan kucingmu. Jika ia terlihat kesulitan bergerak, tidak lagi bisa melompat, atau mengubah caranya melompat, bisa jadi kucingmu menderita masalah persedian. Terlebih lagi, jika kucing tiba-tiba tidak bisa menggunakan kaki belakangnya.Selain ciri-ciri kucing sakit di atas, kucing juga bisa menunjukkan gejala lainnya, seperti minum lebih banyak, diare, mata merah atau berair, buang air kecil berdarah, menangis saat buang air kecil, demam, sering menjilat tubuhnya, atau bulu rontok.

Saat terkena infeksi kutu, kucing juga bisa tampak sering menggaruk tubuhnya, tampak koreng atau iritasi di kulit, dan sering terlihat rewel dan kurang nyaman.Itulah beberapa ciri-ciri kucing sakit yang penting untuk dikenali. Meski demikian, terkadang sebagian kucing juga bisa saja menunjukkan ciri tersebut meski kondisinya sebetulnya sehat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar