Mengenal Afirmasi Positif dan Cara Melakukannya

KBRN, Padang : Afirmasi positif adalah pernyataan positif yang diucapkan berulang kali kepada diri sendiri (self-talk), yang berguna untuk membentuk pola pikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif.

Afirmasi positif bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keyakinan akan kemampuan diri sendiri (self-efficacy). Pasalnya, mengulang-ulang pernyataan positif bisa menstimulasi otak untuk mempercayai bahwa afirmasi tersebut adalah fakta.Dengan demikian, kemungkinan besar tindakan kamu selanjutnya juga akan mengikuti anggapan tersebut.

Cara Melakukan Afirmasi Positif dengan Tepat

Mengutip www.alodokter.com Nah, agar manfaat afirmasi positif bisa kamu peroleh dengan maksimal, kamu perlu melakukannya dengan benar. Caranya adalah seperti berikut:

1. Lakukan secara rutin

Untuk merasakan manfaat afirmasi positif, tentu saja kamu perlu melakukannya secara rutin. Jadi, cobalah pikirkan kalimat afirmasi positif apa yang ingin kamu ulangi setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Aku percaya diri

Aku nyaman dengan diriku sendiri

Aku mencintai diriku sendiri

Aku bersyukur memiliki pekerjaan yang layak

Aku bersyukur bisa hidup sehat hingga saat ini

Setiap usaha yang aku lakukan pasti membawa hasil yang baik

Ulangilah afirmasi tersebut beberapa kali pada pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik lagi bila kamu mengucapkannya dengan suara yang lantang, sehingga kamu bisa mendengar afirmasi positifmu sendiri dengan jelas.

2. Sesuaikan dengan kondisi

Setiap kalimat yang positif memang bisa saja kamu jadikan afirmasi positif. Namun, alangkah baiknya bila kamu menggunakan kalimat positif sesuai dengan kondisimu saat ini.

Sebagai contoh, apabila kamu merasa bahwa pekerjaanmu saat ini kurang mencukupi secara finansial, kamu bisa gunakan afirmasi positif, seperti “aku bersyukur memiliki rekan kerja yang suportif dan tempat kerja yang bisa mendukungku untuk terus berkembang”.

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi berbagai pikiran negatif yang merugikan sekaligus bisa mengingatkanmu mengenai hal-hal baik yang ada di hidupmu saat ini.

3. Gunakan kalimat berkonotasi positif

Untuk melakukan afirmasi positif, pilihlah kalimat yang juga mempunyai konotasi positif, ya.Sebagai contoh, jika kamu akhir-akhir ini telah berhasil diet makanan manis, daripada menggunakan kalimat “aku sudah tidak suka makan makanan manis lagi”, sebaiknya gunakan kalimat, seperti “aku besyukur kini makanan yang aku konsumsi jauh lebih sehat dari sebelumnya, sehingga tubuhku terasa lebih bugar”.

4. Tulis atau rekam afirmasi positif

Selain diucapkan, afirmasi positif juga bisa dilakukan dengan metode lain, seperti menulis atau merekamnya.Cobalah tuliskan afirmasi positifmu di potongan kertas kecil atau post-it, kemudian tempelkan kertas tersebut di tempat-tempat kamu sering menghabiskan waktu, seperti kamar tidur, cermin di kamar mandi, atau meja makan. Ini berguna agar kamu bisa mendapat pesan yang positif sepanjang hari.Kamu juga bisa merekam suaramu sendiri saat sedang mengucapkan kalimat afirmasi positif. Dengan begitu, kamu bisa mendengar rekaman tersebut walau sedang berada di keramaian, misalnya saat sedang di kantor atau di kendaraan umum.

5. Kombinasikan afirmasi positif dengan tindakan nyata

Melakukan afirmasi positif memang bisa meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri. Namun, ingat, tanpa tindakan yang nyata, afirmasi positif yang kamu lakukan bisa saja tidak akan membawa perubahan apa pun, lho.Jadi, sertai juga afirmasi positif dengan usaha atau tindakan yang nyata, ya. Sebagai contoh, apabila kamu sering kesal menghadapi teman kerja yang suka bertanya mengenai kehidupan pribadimu, cobalah katakan afirmasi positif, seperti “aku pasti bisa tetap tenang walau sedang merasa kesal”.

Kemudian, kombinasikan afirmasi positif tersebut dengan tindakan nyata untuk mengatasi rasa kesalmu, misalnya menarik napas dalam-dalam atau menghindari temanmu itu untuk beberapa saat. Dengan begitu, afirmasi positifmu akan berhasil membawa perubahan yang positif pula dalam dirimu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00