Mengenal Manfaat Natto untuk Kesehatan Tubuh

KBRN, Padang : Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan ini memiliki aroma khas seperti keju, tetapi lebih menyengat, berwarna cokelat, dan bertekstur lengket.

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Saat proses fermentasi, natto menghasilkan enzim bernama nattokinase yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, enzim tersebut diyakini mampu mengencerkan gumpalan darah untuk mencegah atau mengobati beberapa kondisi, seperti hipertensi, angina, dan penyakit arteri perifer.

Natto juga mengandung makronutrien yang penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Tak hanya itu, makanan ini juga diketahui tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.

Beragam Manfaat Natto untuk Kesehatan

Mengutip www.alodokter.com ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi natto, yaitu:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Natto mengandung probiotik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di saluran pencernaan. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit Crohn.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak hanya menyehatkan saluran cerna, kandungan probiotik dalam natto juga dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih maksimal.Terpenuhinya nutrisi dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zat besi dalam natto juga merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K2 di dalam natto berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa kedua tersebut dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang akibat pertambahan usia.

4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Mengonsumsi natto diyakini baik untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak. Manfaat natto ini berasal dari kandungan probiotik di dalamnya yang dapat mengurangi stres, cemas, depresi, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD), serta meningkatkan daya ingat.Meski demikian, manfaat natto untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga kesehatan jantung

Natto mengandung serat, probiotik, dan vitamin K2 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, suatu penelitian menunjukkan bahwa enzim nattokinase juga dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.Natto juga mengandung lemak yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

6. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet, tidak ada salahnya menambahkan natto dalam menu makan Anda. Natto merupakan sumber probiotik yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Sementara itu, kandungan serat di dalam natto bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Natto memiliki kandungan isoflavon dan vitamin K2 yang berpotensi mencegah pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker hati, kanker usus, kanker prostat, dan kanker payudara.Selain mengonsumsi natto, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi buah dan sayuran, serta mencukupi waktu istirahat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.Beberapa manfaat di atas menunjukkan beragam manfaat yang ditawarkan dari konsumsi natto untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda dalam kondisi sehat atau tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi natto sebagai tambahan nutrisi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00