Sejarah yang Terlupakan di Nagari Piobang

KBRN, Padang : Untuk melestarikan nilai-nilai sejarah,  kepekaan dan sikap peduli generasi muda mutlak dibutuhkan. Sejalan dengan keinginan tersebut, Lanud Sutan Sjahrir pada rangkaian kegiatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 2019 merangsang  kesadaran generasi muda untuk sejenak melirik catatan sejarah yang selama ini cenderung terlupakan.  Kepada RRI, Danlanud Sutan  Sjahrir, Kolonel Pnb. Purwanto Adi Nugroho mengungkapkan, dulunya semasa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,  Bandara Piobang pernah dimanfaatkan untuk pendaratan pesawat  yang dinaiki Wakil Presiden RI,  Muhammad Hatta.

''Untuk  mengoperasikan kembali eks Bandara Piobang, perlu kajian serta pembahasan yang mendalam,'' ungkapnya, Rabu, (31/7/2019).

Pertemuan dengan berbagai instansi di daerah sebelumnya ini membahas keinginan membangkitkan kembali nuansa kedirgantaraan di Nagari Piobang. Untuk pengoperasian  eks bandara Piobang, perlu  koordinasi dengan berbagai pihak karena saat ini eks bandara Piobang hanya berupa lahan  seluas 30 hektar yang sebagian sudah  dimanfaatkan setempat untuk berladang di samping bekas-bekas pondasi bangunan bandara yang sudah terkubur lama. Sesuaui agenda,  bhakti sosial di Nagari Piobang berlangsung selama dua hari terhitung dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019 dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari bedah rumah, pengobatan gratis, bantuan  kesehatan lainnya yang diharpakan dapat merangsang masyarakat memberdayakan kembali asset sejarah yang akhir-akhir ini mulai dilirik sejumlah pihak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00