Perempuan Sumatera Barat Sangat Kuat Berprestasi dan Gigih

KBRN Padang : Bundo Kanduang Sumatera Barat menilai Ibu Kartini merupakan sosok dan bagian dari sejarah perjuangan dan memberikan inspirasi terhadap perempuan Indonesia termasuk Perempuan Minang.

“Ibu Kartini memberikan pesan, perempuan mau merubah nasibnya mereka harus banyak belajar membaca dan menulis” kata Sekretaris Bundo kanduang Sumatera Barat Rosneli Boer Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, dalam kontek belajar membaca dan menulis ini, kita dapat melihat bagaimana peran penting tokoh Indonesia meninggalkan jejak langkahnya yang cemerlang seperti Rohana Kudus. Rosneli Boer menambahkan Rohana Kudus mempunyai pandangan jauh kedepan dengan mendirikan surat kabar dan diangkat menjadi Jurnalis Indonesia. Dengan adanya pesan Kartini tersebut banyak pelajaran, serta ilmu dan keterampilan yang diwarisikan oleh seorang Kartini. Dengan mewarisi pesan Kartini tersebut perempuan Indonesia dapat maju pesat, bahkan ada yang telah duduk di perlemen, menjadi konglomerat, pejabat negara, dan bahkan ada yang duduk di lembaga pertahanan keamanan dan banyak lagi perempuan indonesia yang maju diberbagai bidang dan profesi.

“Dalam konteks belajar, membaca dan menulis kita tentu dapat melihat bagaimana peran pentingnya tokoh-tokoh perempuan Indonesia meninggalkan jejak langkahnya” ujar Rosneli Boer.

Begitu juga dengan perempuan-perempuan minang mewarisi semangat seorang Kartini, untuk itu kita harus berterima kasih kepada Kartini yang telah memberikan inspirasi. Ditambahkannya jika perempuan Minangkabau ingin maju mereka harus mau belajar membaca dan menulis. Fungsi perempuan Minangkabau sebagai garis keturunan harus menjaga dan memelihara anak keturunanan agar tumbuh dan berkembang dengan baik dan terhindar dari penyakit. Dalam menjaga dan memelihara anak dalam keluarga, perempuan Minangkabau harus berada pada tiga posisi yaitu sebagai pengarah, sebagai pendidik dan sebagai perpustakaan bagi anak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00