Tatanan Kehidupan Baru, Salat Idul Adha di Kantor Gubernur Sumbar Kembali Dilaksanakan

KBRN, Padang: Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriah di halaman kantor Gubernur. Pada dialog di RRI Padang, Selasa pagi (7/7/2020), Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, keputusan melaksanakan salat Id didasari kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Agama dan juga gugus tugas dari pusat.

“Sudah ada arahan dari Kementerian Agama, kita sudah boleh melaksanakan Salat Idul Adha,” ucapnya.

Nasrul Abit mengungkapkan, kemungkinan jamaah  akan sangat banyak. Sebab ada rasa rindu masyarakat merayakan hari besar, yang sebelumnya tidak bisa dirasakan ketika Idul Fitri. Menyikapi kemungkinan itu, penerapan protokol kesehatan menjadi kewajiban yang harus diterapkan selama pelaksanaan salat. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar akan mengatur secara teknis pelaksanaan salat Id di kantor gubernur.

“Perkiraannya jamaah akan banyak. Tapi tetap diatur jaraknya per 1 meter lah. Kemudian disediakan tempat cuci tangan di jalan masuk dan keluar. Jalurnya pun diatur. Jalan-jalan arteri menuju kantor gubernur ditutup. Masuknya hanya di titik tertentu yang dijaga petugas lengkap dengan pemeriksaan suhu tubuh,” bebernya.

Terhadap jamaah yang ikut serta nantinya, Nasrul Abit mengimbau agar membawa sendiri alas salat dari rumah karena panitia tidak menyediakan karpet seperti salat-salat sebelumnya. Selain itu juga diminta berwudu dari rumah. Sementara itu, untuk khatib salat nantinya dipercayakan pada Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar Prof Dr. H. Duski Samad, M.Ag yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang. Imam salat Uztad H. Syaihul Basir, Lc.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00