Samba Lado Cangkuak yang Menggugah Rasa

KBRN, Padang : Samba Lado Cangkuak, termasuk salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang disukai banyak orang. Tidak hanya masyarakat lokal, namun orang dari luar Sumatera Barat yang sesekali berkunjung ke Ranah Minang. Beragam masakah ada di Sumatera Barat, namun yang cukup unik dan menarik salah satunya adalah Samba Lado Cangkuak yang menggunakan rebusan air nasi.

Jika menilik cara pembuatannya, Samba Lado Cangkuak proses pembuatannya lumayan mudah  dan tidak memerlukan  biaya besar. Dahulunya menurut cerita orang-orang tempo dulu, Samba Lado Cangkuak sering dimasak saat orang tua di kampung-kampung mengalami krisis pangan  hingga muncul ide memasak dengan memanfaatkan pangan atau bahan seadanya.  Berbekal teri, cabe secukupnya dengan rebusan air nasi, seseorang sudah bisa  memasak hidangan satu ini dan rasanya cukup menggugah selera, apalagi bagi mereka yang mengalami patah selera akibat sakit yang dialami.

"Ibu saya paling senang Samba Lado Cangkuak. Sayangnya di warung-0warung jarang pedagang yang berjualan menu ini," ujar Asnimar kepada RRI, Senin, (26/7/2021).

Namun demikian, ia juga tidak kehabisan akal jika si ibu menginginkan hidangan tersebut. Berbelak pengetahuan memasak yang pernah diajarkan si nenek, Asnimar dengan cekatan mampu memasak hidangan ini dalam rentang waktu yang tidka berapa lama. Samba Lado Cangkuak buatannya lumayan pedas dan disukai oleh si ibu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00