Kondisi Pasien Positif Covid-19 di Padang Terus Membaik

KBRN,Padang : Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengungkapkan, kondisi lima pasien positif virus corona atau Covid-19 semakin membaik dan masih terus menjalani perawatan. 

"Bahkan satu pasien sudah pulang ke rumah untuk isolasi mandiri. Pasien kelima ini positif kategori ringan," ujarnya saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Kamis (2/4/2020).

Feri menuturkan, apabila pasien positif dalam kondisi baik atau ringan maka tidak perlu dirawat di rumah sakit dan cukup menjalani isolasi mandiri di rumah. Setelah 14 hari semua pasien akan dilakukan tes ulang hingga dua kali pengecekan apakah masih ada virus atau sudah sembuh.

"Jika hasil tes dua kali negatif baru dinyatakan sembuh," sebutnya.

Sementara pasien lainnya di rawat di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang dan Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukitinggi karena di Padang sudah penuh.

Ia menjelaskan waktu kesembuhan pasien corona sama dengan infeksi virus  lainnya, dapat sembuh sendiri kalau daya tahan tubuh baik. Akan tetapi rata-rata proses mulai dari terinfeksi sampai gejala menurun sekitar 14 hari.

Namun jika pasien yang positif ada penyakit penyerta seperti diabetes atau hipertensi maka akan semakin lama proses penyembuhannya.

"Itulah kebanyakan pasien berusia dewasa karena sudah ada penyakit penyertanya, dan lama untuk proses penyembuhnya," sebutnya.

Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat hingga 1 April 2020 terdapat 2.895 pelaku perjalan dari daerah terjangkit, 75 orang dalam pemantauan, 11 pasien dalam pengawasan, 6 positif, 1 meninggal, 4 negatif, dan 1 orang menunggu hasil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00