Satu Lagi Rumah Sakit di Padang Tidak Lagi Kerjasama dengan BPJS

KBRN, Padang: Setelah Rumah Sakit Semen Padang, Rumah Sakit Islam Siti Rahmah yang resmi tidak lagi bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kepala BPJS Cabang Padang, Asyraf Mursalina mengatakan, kerjasama dengan RSI Siti Rahmah berakhir pada 31 Desember mendatang. Namun kemitraan itu tak bisa lagi dilanjutkan pada 2020 mendatang karena tidak ada kesepakatan antar dua belah pihak untuk bergandengan lagi.

“Mulai 1 Januari 2020, RSI Siti Rahmah tidak lagi menjadi mitra dalam memberikan layanan kesehatan pada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ungkap Asyraf di Padang, Jumat (6/12/2019).

Terkait hal yang tidak disepakati antar dua belah pihak, Asyraf enggan membeberkan secara rinci.

Sehubungan dengan hal itu, ungkap Asyraf, BPJS Padang tertanggal 4 Desember telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) agar tidak lagi merujuk peserta JKN-KIS ke RSI Siti Rahmah. Kemudian, jika peserta JKN-KIS yang sebelumnya berobat ke RSI Siti Rahmah dan kembali ke FKTP dengan rujukan yang masih berlaku, agar dapat dilayani FKTP.

Asyraf memastikan, tidak berlanjutnya kerjasama BPJS dengan RSI Siti Rahmah tidak akan terjadi kekurangan kamar inap bagi pasien peserta JKN-KIS. Sebab masih ada 24 rumah sakit lain di Kota Padang yang bekerjasama dengan BPJS.

"Angka penggunaan tempat tidurnya atau Bed Occupancy Ratio (BOR) masih mencukupi. Tidak akan kurang meski ada satu rumah sakit yang tak lagi bermitra," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00