Penemuan Kasus Baru TB Terkendala Selama Pandemi

KBRN, Padang : Selama pandemi Covid-19, upaya penemuan atau pelacakan kasus baru Tuberkulosis atau TB di Kota Padang menjadi berkurang.

"Kami tidak dapat berupaya maksimal dalam meminimalisir kasus baru TB di tengah masyarakat. Sebab selama pandemi, Puskesmas Andalas mengalami berbagai kendala dalam menggelar penyuluhan dan penemuan kasus baru," kata Kepala Puskesmas Andalas Dokter Mela Aryati saat dihubungi RRI di Padang, Kamis (22/4/2021).

Menurut Dokter Mela, intensitas kunjungan kepada masyarakat dalam upaya mengurangi kasus TB juga bekurang selama pandemi Covid-19. Hal tersebut disebabkan, banyak masyarakat yang takut dan khawatir ketika menerima kunjungan petugas puskesmas untuk melakukan pemeriksaan dan penyuluhan TB.

Dokter Mela mengatakan, setiap bulannya sejak pandemi Covid-19 terjadi, Puskesmas Andalas hanya mampu menemukan 6 kasus baru TB di Kecamatan Padang Timur. Jumlah dimaksud jauh berkurang apabila dibandingkan sebelum terjadinya pandemi.

"Kalau lebih intens ke lapangan angka kasusnya pasti lebih banyak. Namun karena pandemi semua jadi terhambat," katanya.

Kepala Puskesmas Andalas Kota Padang Dokter Mela Aryati mengingatkan, agar masyarakat tetap memperhatikan asupan nutrisi selama pandemi. Terutama bagi masyarakat yang mengidap TB juga akan lebih mudah untuk terpapar Covid-19. Kerusakan paru-paru akan membuat kondisi pasien semakin parah ketika terserang Covid-19.

"Untuk itu, pasien TB diimbau agar tetap disiplin mengkonsumsi obat yang telah diberikan dan memperhatikan gizi yang dikonsumsi," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00