Ketua PW Salimah Sumbar : Tips Semangat Dan Sehat Saat Bulan Puasa

KBRN, Padang : Hari ini, seluruh umat muslim menunaikan rukun islam ke tiga yaitu ibadah puasa. Oleh karena itu, agar tubuh tetap semangat dan segar saat berpuasa, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan.

Ketua Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW) Salimah Sumatera Barat Dokter Laila Isrona kepada RRI mengatakan meski pola atau waktu makan berubah selama Ramadan, namun masyarakat tetap diimbau mengatur menu yang dikonsumsi supaya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, pola makan usai menjalankan ibadah puasa berubah total dibandingkan hari biasa, konsumsi makanan cendrung tidak teratur dan terkesan ingin segera kenyang usai berpuasa seharian.

Laila Isrona mencontohkan menu favorit masyarakat ketika berbuka puasa yakni minuman dingin dan gorengan. Menu tersebut harusnya ditekan karena kontradiksi atau tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Pada saat berbuka, tubuh memerlukan tenaga yang bisa didapat dari makanan yang manis, seperti teh hangat dan buah kurma.

Selain itu konsumsi terhadap air putih harus diperbanyak supaya pencernaan lancar. Tips selanjutnya dikatakan Dokter Laila Isrona yaitu masyarakat musti tidur yang cukup, karena kekurangan tidur akan mempengaruhi nafsu makan, kondisi badan, dan kinerja otak.

“Ya 4 sehat 5 sempurna itu udah inti semuanya bagi tubuh kita. Khusus dibulan puasa, walaupun kita menahan haus dan lapar, yang namanya 8 gelas perhari itu jangan dilupakan. Ditambah, tidur cukup itu harus diperhatikan,” sebut dr. Laila Isrona kepada RRI (Selasa, 13/04/2021).

Ketua PW Salimah Sumatera Barat Dokter Laila Isrona kembali mengingatkan bahwa bulan ramadhan tahun ini merupakan tahun kedua masa pandemic covid-19, oleh karena itu kewaspadaan terhadap virus covid-19 perlu ditingkatkan. Hal ini mengingat, virus covid-19 sangat mudah masuk bagi kondisi daya tahan tubuh lemah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00