Sesuai Tema Hari Guru Nasional 2020, SLB Negeri 2 Padang Andalkan Program Assesment Potensi Lingkungan Keluarga

KBRN Padang : Tugas orang tua membimbing anak yang berkebutuhan khusus atau difabel, untuk belajar di rumah di masa pandemi ini memang cukup berat. Mengingat kondisi perbedaan pola pendidikan anak kebutuhan khusus yang memerlukan pendampingan guru dan selama ini bertumpu pada sentuhan langsung. Belajar dari rumah memang bisa dilaksanakan bagi anak-anak atau siswa normal. Namun, kondisi ini berbeda dengan anak berkebutuhan khusus yang memerlukan sentuhan fisik dari guru-guru, ada tatap muka, yang harus satu guru satu anak berhadapan. Menyikapi hal itu, Kepala Sekolah Luar Biasa-SLB Negeri 2 Padang Rafmateti kepada RRI (Selasa, 24/11/2020) siang tadi menyebutkan, sesuai tema hari guru nasional tahun 2020 tentang Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi, dirinya mengoptimalkan program assesment potensi lingkungan keluarga kepada peserta didik. Maksudnya, para guru akan langsung datang ke rumah peserta didik, sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Ya, selama masa pandemi covid-19, pembelajaran yang dilakukan secara daring tidak optimal diterapkan, hal itu ditandakan dari pisikologis peserta didik yang terlihat tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring dan bahkan mereka lebih patuh mengikuti pembelajaran oleh guru dari pada orang tua" ungkapnya.

Rafmateti menyampaikan, ada 140 orang anak berkebutuhan khusus yang mengikuti pembelajaran dari rumah di masa pandemi covid-19. Oleh karena itu, untuk optimalisasi dalam pembelajaran dirinya akan terus menjadwalkan para guru untuk berkunjung ke rumah siswa dalam mewujudkan semangat merdeka belajar di tengah pandemic-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00