BKSDA Sumbar Tutup Jalur Pendakian Gunung Marapi, Singgalang, Tandikat, dan Sago Malintang

KBRN, Padang : Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyatakan masih menutup jalur pendakian gunung yang berada di bawah kewenangannya.

Untuk itu, masyarakat tidak diperkenankan mendaki termasuk guna memperingati momen Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Kepala BKSDA Sumatera Barat Ardi Andono saat dihubungi RRI di Padang, menjelaskan, sejak terjadinya pandemi Covid-19 seluruh objek wisata alam yang berada di bawah kewenangan BKSDA Sumatera Barat ditutup.

"Hingga saat ini belum ada instruksi dari pemerintah pusat terkait kapan dibukanya kembali objek wisata alam tersebut," ujar Ardi Andono, Jumat (12/8/2022).

Menurut Ardi, pada momen-momen tertentu seperti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, pihaknya kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa objek wisata alam di bawah kewenangan BKSDA belum dibuka.

"Untuk itu jalur pendakian masih ditutup, sehingga masyarakat tidak diperkenankan merayakan HUT RI di sejumlah gunung," katanya.

Ardi merincikan, gunung yang ditutup jalur pendakiannya berada di Gunung Marapi, Singgalang, Tandikat, dan Sago Malintang. Nantinya petugas disiagakan untuk mengawasi jalur pendakian itu.

"Kalau Gunung Talang itu tidak berada di bawah kewenangan kita," kata Ardi Andono.

Sementara itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Solok akan merayakan peringatan HUT RI ke-77 dengan mengadakan upacara di puncak Gunung Talang.

Segala persiapan terus dimatangkan agar kegiatan dimaksud dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bupati Solok Epyardi Asda mengajak bagi pendaki yang ingin ikut dalam kegiatan upacara tersebut harus membawa bendara merah putih masing-masing

"Ribuan orang diperkirakan akan mengikuti upacara HUT RI ke-77 di puncak Gunung Talang," kata Epyardi Asda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar