SAMPAH PLASTIK, PENCEMARAN JANGKA PANJANG

Kantong Plastik (foto :grid.id)

KBRN, Padang: Bukan rahasia lagi, penggunaan plastik merupakan ancaman terbesar bagi kelestarian lingkungan. Selain membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, maka akan menyebabkan penumpukan. Butuh waktu yang cukup lama hingga akhirnya sampah plastik dapat berubah menjadi microplastik. Hal tersebut masih menjadi pencemar lingkungan tertinggi meski memiliki ukuran yang sangat kecil. 

Guru besar lingkungan Universitas Negeri Padang, Profesor Indang Dewata mengatakan, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 7 tahun sebuah plastik dapat terurai menjadi mikro plastik. Tak hanya sampai disitu saja, mikro plastik yang masuk ke air dapat mencemari lingkungan air bahkan dapat dikonsumsi tidak hanya biota laut, namun juga manusia yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. 

“ Plastik itu paling cepat terurai itu 7 tahun, itupun baru berubah menjadi mikro plastik yang kemudian terurai kembali menjadi nano, nah ini yang menjadi agen sel kanker, tumor ketika dikonsumsi manusia,” jelas Profesor Indang Dewata.

Untuk itu, masyarakat terus diimbau agar dapat meminimalisir dan mengurangi penggunaan plastik sehingga meminimalisir dampak jangka panjang bagi kehidupan selanjutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar