PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Diprediksi Jumlah Sampah Meningkat

KBRN, Padang : Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 serentak yang diberlakukan pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 batal dilaksanakan di seluruh daerah Indonesia. Otomatis, pergerakan masyarakat akan meningkat meningkat, mengingat di sebagian derah Indonesia saat ini ada yang berstatus PPKM Level 1,2 dan 3. Seperti di Kota Padang, saat ini berada di Level 2 PPKM.

Kepala DLH Padang Mairizon kepada RRI mengatakan dari sisi volume sampah saat nataru nanti, diprediksi akan meningkat. Sebab, dipicu aktifitas masyarakat yang memanfaatkan momen tersebut untuk berwisata, dan sampah tersebut umumnya berasal dari kelapa, jagung, botol air minum dan sampah plastik.

Sebagai antisipasi, pihaknya akan mensiagakan puluhan petugas kebersihan pada tiap kawasan wisata mulai dari Kawasan Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Pantai Danau Cimpago hingga Pantai Air Manis. Selain di kawasan wisata, petugas juga ditempatkan pada beberapa lokasi di pusat perkotaan  seperti  kawasan Jalan Geraja dan Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang.

“Sampah harian kita ada 550 ton,dengan PPKM Level 3 dibatalkan itu akan meningkat jumlah sampah kita 10 persen,” ucap Mairizon (Selasa, 7/12/2021).

Mairizon mengimbau masyarakat yang hendak menikmati momen nataru agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar karena kebersihan lingkungan tidak bisa dibebankan kepada petugas saja, dan masyarakat juga harus ikut serta dalam upaya tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar