Maksud Dibalik Keputusan Menggulirkan Kembali Liga Indonesia

Punggawa Timnas Indonesia U-19. (Dok: PSSI/Istimewa)

KBRN, Jakarta: Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Mochamad Iriawan menyebutkan, salah satu alasan dilanjutkannya kembali kompetisi sepak bola di Tanah Air adalah demi kepentingan Tim Nasional Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2021. 

"Kompetisi yang dilakukan sekarang adalah untuk kepentingan timnas kita nanti, U-20, saat mereka tidak menjalankan training centre (TC) pemain selalu berkompetisi dan dengan sendirinya pemain tetap terasah kualitasnya," ujar Iriawan kepada wartawan, Minggu (28/06/2010) kemarin. 

"Karena pada umumnya mereka sudah memiliki klub masing-masing, baik di Liga 1 maupun Liga 2," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut. 

Lebih jauh lagi, Iwan Bule membeberkan jika tidak ada kompetisi atau terhenti, para pemain Timnas tidak bisa meningkatkan performanya dengan baik.

BACA JUGA: Si Jalak Harupat Jadi Venue Piala Dunia

Meski diakuinya akan tetap ada TC,  namun ia menengaskan hal itu tidak akan berjalan baik tanpa adanya kompetisi. 

"Dengan kompetisi, pelatih timnas juga bisa mendapatkan pemain di luar list yang sudah ada, karena kompetisi yang baik bisa melahirkan pemain yang berkualitas," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, PSSI merilis Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa tahun 2020.

PSSI menargetkan seluruh kompetisi, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3 bakal mulai bergulir Oktober mendatang dan berakhir sebelum Maret 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00