Si Jalak Harupat Jadi Venue Piala Dunia

Stadion Si Jalak Harupat

KBRN, Soreang: Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat akhirnya resmi ditunjuk menjadi satu dari enam stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2021.

Kepastian itu didapat setelah pengelola stadion Si Jalak Harupat mendapat surat resmi dari Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI). 

"Alhamdulillah pada hari Jumat kita sudah mendapat informasi berupa surat dari PSSI bahwa Jalak Harupat menjadi salah satu dari enam stadion yang akan digunakan Piala Dunia U-20 tahun 2021," terang Kadispora Kabupaten Bandung, Marlan Nirsyamsu saat dihubungi RRI via ponselnya, Senin (29/06/2020) pagi.

Selain Si Jalak Harupat, Stadion lainnya yang dipastikan akan menghelat Piala Dunia U20 tahun 2021, yaitu Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Gelora Bung Tomo Surabaya, Manahan Stadium Solo, Gelora Sriwijaya Palembang dan Stadion I Wayan Dipta Stadium di Pulau Dewata Bali.

Menurut Marlan Nirsyamsu, dalam dua bulan terakhir ini, pihaknya terus berkomunikasi dengan PSSI dan FIFA terkait perkembangan untuk menggelar ajang sepakbola terakbar kedua di dunia setelah World Cup senior tersebut.

"Kita tunggu arahan lebih lanjut dari PSSI. Tapi secara internal kita nanti atas arahan Pak Bupati akan membuat tim persiapan untuk menyambut event ini," imbuhnya.

Marlan Nirsyamsu memastikan kalau SJH ditunjuk menjadi Main Stadium, karena dalam suratnya PSSI juga menunjuk stadion lainnya untuk latihan, yaitu Stadion milik Unpad di Jatinangor, kemudian Stadion di Ganesha ITB, Siliwangi Stadium dan Arcamanik Stadium.

Ada dua hal yang diminta PSSI untuk segera dipenuhi oleh pengelola SJH berdasarkan rekomendasi dari FIFA, yaitu penambahan lampu stadion dari 2.000 menjadi 2.500 Lux dan Sound System di arena dalam stadion yang harus berstandar internasional.

"Rumput sudah hampir sempurna. Kalau dari infrastruktur kita sudah memenuhi syarat. Jadi ketentuannya itu dari hotel ke tempat latihan, tidak boleh lebih dari setengah jam. Sedangkan untuk ke stadion utama itu tidak boleh lebih dari satu jam. Keunggulan kita itu kita punya akses ke jalan Tol. Jadi kalau para pemain menginap di hotel sekitar Bandung atau di Soreang, itu tidak akan lebih dari satu jam kalau lewat Tol," papar Marlan Nirsyamsu.

Ditunjuknya SJH menjadi salah satu Host Piala Dunia U-20 tahun 2021 disambut antusias para pecinta sepakbola di Bandung.

"Luar biasa, ini moment yang mungkin sekali seumur hidup atau mungkin akan lama lagi Indonesia mendapat kesempatan langka ini," aku pentolan bobotoh Eric Alam Prabowo, mengawali perbincangannya dengan RRI.

Kepastian ditunjuknya stadion kebanggaan warga Kab.Bandung ini tegasnya, sekaligus harus menjadi pelecut bagi semua pihak untuk  menyukseskannya.

"Tentu ini moment yang harus kita kawal dari mulai sekarang hingga saat pertandingan, jangan sampai ada image yang buruk terkait suporter di Bandung dan Indonesia di mata pecinta sepakbola dunia," terangnya.

Eric Alam Prabowo yang sudah mengikuti perjalanan Persib Bandung ke hampir semua stadion yang ada di Indonesia itu mengajak suporter untuk datang ke stadion SJH pada waktunya.

"Kita tahu suporter Bandung itu fanatik terhadap Persib. Nanti saat Piala Dunia U 20 kita juga harus fanatik dan berani datang menyaksikan langsung ke stadion," imbuhnya.

Ada Banyak nilai positif terkait ditunjuknya Indonesia dan Stadion SJH menjadi Venue Piala Dunia U20.

"Ini moment yang luar biasa, kita harus manfaatkan ini terutama untuk menggairahkan iklim sepakbola sejak dini. Pembinaan sepakbola tidak bisa dilakukan secara instant, kita butuh penjenjangan sejak usia dini. Kita juga butuh kejujuran terhadap pola-pola pembinaan, tidak melakukan pencurian umur misalnya. Piala Dunia U20 ini momentum yang baik sekali," kata Eric yang juga salah seorang pejabat di lingkungan Dinas Perhubungan Kab.Bandung tersebut.

"Diego Maradona, Lionel Messi, kemudian bintang Brazil Ronaldo Luiz Nazario De Lima, Paul Pogba dan seniman lapangan tengah Barcelona Andres Iniesta lahir dan besar kemudian melegenda, itu berawal dari Piala Dunia U20. Kita berharap, suatu saat nanti akan ada pemain asal Bandung atau Indonesia yang muncul dari ajang ini," pungkas Eric Alam Prabowo berharap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00