PSSI Matangkan Persiapan Piala Dunia U-20 2021

Logo Piala Dunia U-20 2021. (Dok: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus mematangkan persiapan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Guna mensukseskan ajang sepak bola usia muda paling bergengsi di dunia itu, PSSI terus berkoordinasi dengan beberapa Kementerian. 

Bahkan pada Jumat (26/06/2020) kemarin PSSI yanv diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi meggelar rapat Secar virtual bersama perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Sekretariat Kabinet.

"Kami telah melakukan meeting yang penting bagi PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021 bersama beberapa Kementerian. Banyak hal yang dibahas pada rapat kali ini, seperti mengenai pemilihan enam stadion yang akan menjadi venue tuan rumah dan mengenai struktur kepanitiaan," ujar Yunus Nusi, Sabtu (27/06/2020). 

Sebelumnya PSSI telah menyampaikan kepada FIFA, dan berkirim surat pada Kementerian PUPR terkait enam stadion yang telah dipilih oleh PSSI ke FIFA.

Enam stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)  Jakarta,  Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung,  Stadion Manahan Solo,  Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya,  dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.  

PSSI meminta enam kandidat stadion ini diharapkan untuk disempurnakan infrastruktur sesuai dengan standar sepak bola internasional yang disarankan oleh FIFA.

Dan pada bulan September atau Oktober mendatang, FIFA akan datang ke Indonesia sekaligus melakukan inspeksi ke enam tersebut.  

“Semoga pertemuan ini akan ada follow up-nya lagi dan memang tadi kami sudah meminta kepada beberapa kementerian agar bisa menerima kami untuk melakukan audiens atau pertemuan,” tambah Yunus.

Lebih lanjut, Yunus mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah terus mendukung upaya yang dilakukan PSSI untuk penyeleenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Oleh sebab itu, Yunus mengakui bahwa pihaknya akn terus menjalin komunikasi dengan pemerintah guna mensukseskan perheletan tersebut. 

"Presiden Joko Widodo dan beberapa Kementerian terus memberikan dukungan penuh kepada PSSI, itu yang sangat membanggakan kita. PSSI akan terus berkomunikasi dan beraudiensi kembali untuk menjelaskan secara rinci ke beberapa Kementerian, dan direncanakan mulai minggu depan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00