Haruna Soemitro Larang MU Lanjut Kompetisi

Pemain Madura United saat menjalani pertandingan menghadapi Bali United. (Dok: MaduraUnited)

KBRN, Jakarta: Manajemen Madura United menegaskan bahwa tidak akan ikut serta kelanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020. Walaupun, PSSI telah memastikan seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 sepakat melanjutkan kompetisi.

"Kalau mau dilanjut, ya silakan. Madura United tidak ikut tapinya," ujar Direktur Madura United, Haruna Soemitro, Rabu (03/06/2020).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PSSI melalui Plt Sekjem, Yunus Nusi mengatakan bahwa seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 sepakat untuk melanjutkan kompetisi. Kesepakatan itu dicapai pada saat pertemuan virtual PSSI dengan seluruh klub peserta dan juga Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) pada Selasa (02/06/2020) kemarin.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan itu juga membahas mengenai regulasi kompetisi dan hal teknis lainnya. Regulasi yang dimaksud salah satunya soal degradasi. Ada usulan untuk menghapuskan degradasi dari Liga 1 tetapi tetap ada dua tim dari Liga 2 yang mendapat promosi. Selain itu ada pembahasan soal protokol kesehatan jika kompetisi berlangsung.

Menurut rencana, Liga 1 nantinya akan dipusatkan di Pulau Jawa dengan berformat home turnamen. Bahkan, PSSI juga akan memberikan uang subsidi sebanyak Rp800 juta ke setiap klub Liga 1.

Namun, hal itu tak membuat tergiur Madura United. Haruna menyatakan paling penting saat ini adalah kesehatan dan keselamatan semua pihak dari pandemi penyakit virus corona (COVID-19). Hal tersebut, lanjut Haruna, juga sudah disetujui oleh para pemain.

"Siapa atau lembaga apa yang bisa memberikan jaminan bahwa pada September atau Oktober itu COVID-19 sudah bisa terkendali?," tegas pria yang juga menjabat sebagai Anggota Eksekutif (Exco) PSSI itu dengan tanya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00