Timnas U-16 Berencana Gelar Pelatnas di Tengah Pandemi

Timnas Indonesia U-16 saat sedang menjalani lataihan sebelum pandemi COVID-19. (Dok: PSSI)

KBRN, Jakarta : Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 berencana untuk menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) atau training camp di tengah pandemi COVID-19. 

Akan tetapi, pelatnas yang bakal dijalani skuat Garuda Asia itu tidak dilakukan secara terbuka di lapangan latihan umum, namun digelar secara virtual seperti yang dilakukan Timnas U-19 sejak 14 Mei 2020, lalu. 

“Saya memikirkan untuk juga melakukan TC virtual. Tapi masih kami pikirkan. Selama ini kami masih latihan lewat aplikasi saja. Ya, tentu untuk menjaga kondisi saja,” tutur pelatih Timnas U-16, Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Jumat (22/05/2020). 

Pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu menjelaskan, rencana latihan yang diberikan untuk anak-anak asuhnya dirumah, diberikan oleh pelatih fisik saja. Semata-mata hanya untuk menjaga fisik mereka agar tetap baik.

“Jadi belum masuk program pasti. Selama ini dari pelatih fisik kita saja, dan saya pikir jika TC virtual nanti digelar, menu latihannya juga dari pelatih fisik ditambah materi lain dari saya dan staf pelatih lainnya. Sementara timnas U-19 langsung dari coach Shin Tae-yong,” tutur Bima. 

Sebagaimana diketahui, sebelum wabah COVID-19 merebak di Tanah Air, Timnas U-16 terus menjalani persiapannya sebulan sekali sejak awal tahun 2020.

Hal itu dilakukan demi mempersiapkan diri menuju Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. 

Sejatinya, jadwal Piala Asia U-16 2020 masih berjalan sesuai renacana yakni pada 16 September hingga 3 Oktober mendatang.

Bahkan, AFC mengagendakan pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 2020 pada 18 Juni.

Timnas U-16 lolos ke putaran final setelah merebut satu dari empat tiket runner-up terbaik.

Indonesia finis di peringkat kedua Grup G di bawah China dalam kualifikasi yang digelar di Stadion Madya, Senayan, pada September 2019.

“Sekarang kami sudah melakukan persiapan dengan baik. Kami terus menjaga kekompakan pemain dengan menggelar pemusatan latihan nasional setiap bulan (sekarang beralih ke latihan virtual dulu). Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” tutup Bima Sakti. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00