PT LIB Lunasi Subsidi Termin Kedua ke Klub Liga 1

Logo Liga Indonesia Baru (LIB). (Dok: istimewa)

KBRN, Jakarta : PT Liga Indonesia Baru (LIB) dipastikan telah melunasi dana subsidi termin kedua kepada sejumlah klub Liga 1 Indonesia musim 2020. Hal itu diketahui setelah pengakuan dari perwakilan sejumlah klub. 

Seperti diutarakan Direktur pengembangan Bisnis Tira-Persikabo, Rhendie Arindra pihaknya telah menerima dan subsidi termin kedua secara penuh pada Selasa (19/05/2020). 

“Saya sudah cek ke bagian keuangan dan benar PT LIB sudah membayarkan subsidi termin kedua secara penuh,” ujar Rhendie kepada wartawan, Selasa (19/05/2020). 

Rhendie mengatakan dana subsidi itu sangat membantu keuangan klub yang saat ini sedang mengalami kesulitan lantaran macetnya dana sponsor karena ditundanya kompetisi akibat pandemi COVID-19. 

Ia mengatakan, dana tersebut akan langsung dikeluarkan untuk menggaji pada pemain dan offisial tim. “Dana ini nanti kami akan gunakan untuk membayar gaji pemain terlebih dahulu karena itu yang paling utama,” tuturnya. 

Hal serupa juga diungkapkan manajer Persita Tangerang, I Nyoman Suryanthara. Ia emngaku sangat bersyukur karena dana subsidi dicairkan penuh atau sebesar Rp 520 juta. Padahal sebelumnya PT LIB sempat berencana memotong subsidi menjadi sebesar Rp 370 juta.

“Ya per hari ini (Selasa) subsidi tahap kedua sudah dibayarkan dan Alhamdulillah kami terimanya secara penuh, tidak ada pemotongan," ujarnya. 

Selain itu, Manajer madura United, Haruna Soemintro mengatakan bahwa dana yang diterima timnya lebih tepat disebut kontribusi komersial karena memang hak klub telah diterima. "Well done, sudah cair. Itu hak ya, bukan subsidi atau BLT," tegas Haruna. 

Selain hak di 2020, sejatinya PT LIB juga masih memiliki tanggungan membayar uang rating klub dan kontribusi untuk ranking klub di Liga 1 2017. Ditambah lagi, hak klub untuk uang pembinaan usia muda juga belum dibayarkan untuk musim 2018 lalu.

Sejatinya, pencairan subsidi termin kedua ini terbilang terlambat. Seharusnya, saat ini semua klub Liga 1 sudah menerima pencairan dana sebanyak empat kali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00