Tunangan Jamal Khashoggi : Cegah Pangeran Bin Salman Beli Newcastle

KBRN, Jakarta : Tunangan mendiang Jamal Khashoggi, Hatice Cengiz, murka saat mengetahui Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman, ingin membeli klub Liga Inggris Newcastle United. 

Cengiz yang sempat berencana menikah dengan Khashoggi, korban pembunuhan di Kedutaan Besar Arab Saudi di Turki, menulis dalam Twitternya untuk mencegah Pangeran Bin Salman membeli Newcastle.

"Otoritas Kerajaan Inggris dan Liga Inggris tak boleh membiarkan seorang seperti Mohammed Bin Salman yang bertanggung jawab atas pembunuhan mendiang tunangan saya, Jamal Khashoggi, terlibat di bisnis olahraga Inggris. Jika sampai terjadi, itu akan menodai reputasi Liga Inggris dan Pemerintah Inggris."

"Mohammed Bin Salman menggunakan olahraga internasional untuk membersihkan reputasi buruk setelah membunuh Jamal. Setiap investigasi, termasuk PBB dan CIA. menyimpulkan bahwa Bin Salman memerintahkan pembunuhan Jamal. Saya mendesak Liga Inggris dan Kerajaan Inggris turun tangan menyetop pembelian Newcastle dan jauhkan MBS dari dunia olahraga di Inggris," demikian pernyataan Cengiz di akun Twitter.

Khashoggi merupakan aktivis kemanusiaan dari Arab Saudi yang menjadi korban pembunuhan. Pangeran Bin Salman diduga terlibat dalam pembunuhan ini.

Pangeran disebut-sebut yang memerintahkan pembunuhan kepada Khashoggi karena sikap vokalnya yang merupakan kolumnis Washington Post kerap melontarkan kritikan keras terhadap Kerajaan Arab Saudi.

Pemerintah kerajaan Arab Saudi sendiri sempat menangkap tujuh terduga pelaku yang membunuh Khashoggi. Namun, hanya lima tersangka yang dijatuhi vonis hukuman mati.

Sementara dua terduka pelaku lainnya yaitu, Wakil Kepala intelijen Ahmed al-Assiri dan penasihat media kerajaan Saud al-Qahtani tak didakwa dan dibebaskan karena tidak cukup bukti.

Belakangan Pangeran Arab Saudi Bin Salman kembali menghebohkan pemberitaan, karena rencananya yang ingin membeli Newcastle United sebesar 300 juta poundsterling atau setara Rp5,8 triliun.

Pihak Sang Putra Mahkota bahkan dikabarkan sudah menemui kata sepakat dengan pihak Newcastle dengan membayar sejumlah uang muka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00