Olahraga Tradisional Bakal Dikembangkan

Ilustrasi olahraga tradisional Pencak Silat. (Dok: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zaimudin Amali mengajak seluruh pengelola olahraga tradisional, baik di pemerintahan, atau kelompok masyarakat untuk terus mengembangkan olahraga tradisional. Ia tidak ingin, olahraga menjadi warisan budaya bangsa itu hanya menjadi kenangan. 

"Olahraga tradisional yang menjadi milik dan warisan kita harus bisa dikembangkan terus menerus. Dan yang terpenting bagaimana generasi muda kita mencintai dan menyukainya jangan sampai olahraga tradisional kita tinggal kenangan," ujar Zainudin Amali saat Webinar Pelatihan Pemuda Penggerak Olahraga Tradisional di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (02/07/2020). 

Oleh sebab itu, menteri asal Gorontalo itu mengajak seluruh pihak untuk terus mengembangkan olahraga tradisional ke semua masyarskat. Khususnya, kaum milenial nantinya akan menjadi penerus bangsa. 

"Tantangan kita adalah bagaimana kita bersama menggerakkan dan meyakinkan masyarakat kita khususnya kaum milenial untuk tahu dan mencintai olahraga tradisional kita sendiri," tegasnya. 

Tidak hanya itu, Zainudin juga menargetkan olahraga tradisional bisa menembus ke level internasional.

Salah satu olahraga tradional diharapkan bisa menembus level internasional adalah Pencak Silat.

Oleh sebab itu, ia mengaku terus berpesan khususnya kepada para Duta Besar berkunjung ke Kemenpora untuk memasyarakatkan, mengkampanyekan dan mempromosikan Pencak Silat di berbagai negara. 

"Target kita adalah cabang ini dapat dipertandingkan di Asian Games hingga Olimpiade saat kita mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang," kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00