Tatanan Kehidupan Baru, KOI Ikuti Petunjuk IOC

Para Peserta Virtual Meeting Bicara New Normal, (Dok. RRI)

KBRN,  Jakarta : Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI),  Raja Sapta Oktohari (RSO) akan terus mempelajari dan mengikuti petunjuk teknis yang dikeluarkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam menggelar latihan di tengah pandemi covid-19.

RSO sadar betul bahwa ditengah kondisi pandemi, keselamatan dan kesehatan para atlet adalah yang utama menuju tatanan kehidupan baru (new normal). 

Saat ini, banyak negara yang sudah memulai agenda kegiatan olahraganya, seperti Bundesliga yang sudah digelar 16 Mei. Selain itu, IOC juga sudah mengirimkan surat kepada KOI terkait detail yang harus dipenuhi dalam protokol olahraga.

"Kami mengambil referensi dari negara-negara yang masih menyelenggarakan olahraga. Kami mendapatkan referensi berupa petunjuk teknis dari IOC, tentunya Internasional federation dari setiap cabor itu pasti memiliki langkah-langkah yang diambil berkaitan dengan new normal Covid-19 di olahraganya masing-masing,” kata  Raja Sapta Oktohari saat menggelar dalam konferensi video virtual bersama para awak media, Jumat (29/5/2020).

RSO yang juga selaku Presiden NOC (National Olympic Comittee) Indonesia merespon positif dan mendukung langkah menpora Zainudin Amali untuk memulai kembali kegiatan latihan terpusat olahraga nasional. 

BACA JUGA :Menpora Bicara Tatanan Kehidupan Baru Olahraga

Okto menegaskan, setiap cabang olahraga punya standar tersendiri dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Harapannya mereka mampu menjaga kondisi tubuh dengan baik, mengingat sejumlah kompetisi olahraga internasional telah dijadwalkan bergulir pada paruh kedua tahun ini. Kesehatan utama,  prestasi Olimpiade Tokyo yang terdekat menjadi salah satu target di tahun 2021 ditengah tantangan new normal. 

"Yang ditakutkan adalah, apabila atlet kita terpapar oleh korona, tetapi apabila sesama atlet yang sudah dipastikan negatif, mereka bisa leluasa baik itu full cantact maupun single contact, jadi kami akan berkoordinasi dengan pemerintah, apapun situasi ini kita tetap bisa menjaga prestasi olahraga Indonesia,” tambah Okto dihadapan Menpora, KONI Pusat (Komite Olahraga Nasional Indonesia), dan FORMI (Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) . 

BACA JUGA :Fokus Prestasi Olimpiade, Masalah Lain Nanti Dulu

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00