Motivasi Tontowi Ahmad untuk Pemain Muda

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow. (Dok: BadmintonIndonesia)

KBRN, Jakarta : Tontowi Ahmad, pebulutangkis spesiasialis ganda campuran Indonesia yang telah menyatakan pensiun dari pelatnas PBSI sejak Senin 18 Mei 2020 lalu, memberikan motivasi kepada seluruh pemain muda bulu tangkis Tanah Air. 

Menurut pria yang karib disapa Owi dan telah memiliki segudang prestasi saat masih berpasangan dengan Liliyana Natsir itu, pemain muda harus memiliki mindset juara dan tidak mudah menyerah serta tak cepat puas dengan apa yang telah diraih. 

"Mudah-mudahan apa yang saya dan cik Butet (Liliyana) capai bisa jadi motivasi untuk para pemain muda. Dan yang penting itu, harus punya mindset seorang juara yaitu jangan pernah puas. Sekarang juara, besok kejar gelar lagi. Kalau ada target, latihan juga jadi lebih semangat," ungkap Tontowi seperti dikutip situs resmi PBSI, Rabu (20/05/2020). 

Deretan gelar bergengsi membuat Tontowi mengaku cukup puas atas capaiannya selama menjadi pebulutangkis elit.

Hingga akhir kariernya, Tontowi mengaku tak ada gelar yang membuatnya penasaran, meski ia belum berhasil mendapatkan emas Asian Games. 

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Tontowi/Liliyana meraih medali perak, sedangkan pada Asian Games 2018 di negeri sendiri, pasangan ini mempersembahkan medali perunggu. 

"Nggak ada yang bikin penasaran, nggak apa-apa belum rezeki dapat emas Asian Games, tapi kan sudah dapat emas olimpiade yang levelnya lebih tinggi. Saya tetap bersyukur," pungkas Owi. 

Momen emas di Olimpiade Rio 2016 dikatakan Tontowi sebagai momen terberat sekaligus terindah dalam kariernya.

Sebelum merebut emas, Tontowi mengatakan bahwa perjuangannya begitu luar biasa, mulai dari latihan hingga malam hari, tidak bisa pulang ke rumah dan harus tinggal di asrama, sampai kendala non teknis bersama Liliyana. 

Namun ia dan Liliyana ternyata berhasil mengatasi segala kesulitan yang ada dan membalikkan kenyataan pahit tanpa medali di Olimpiade London 2012 menjadi sukses besar dengan kepingan emas di Olimpiade Rio 2016. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00