Olimpiade 2020 Terancam Kembali Ditunda Jika Pandemi COVID-19 Belum Reda

KBRN, Jakarta : Penyelenggaraan pesta olahrag terbesar di Dunia, Olimpiade 2020 yang direncanakan akan berlangsung pada pertengahan tahun 2021 terancam dibatalkan, seandainya pandemi virus corona (COVID-19) masih berlangsung.

Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade 2020, Yoshiro Mori, mengatakan hal itu bisa saja terjadi jika wabah COVID-19 belum berakhir hingga pertengahan tahun mendatang.

Olimpiade 2020 sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus tahun depan. Sebelumnya Olimpiade ke-32 itu direncanakan mulai pada 24 Juli sampai 9 Agustus tahun ini, namun ditunda akibat pandemi virus corona.

Wabah yang sudah mulai menyebar sejak akhir tahun lalu ini mengacaukan berbagai agenda olahraga internasional, meski di beberapa negara terdapat kabar positif dengan penurunan jumlah kasus positif corona.  

"Tidak, [Olimpiade] itu akan dibatalkan. Olimpiade dibatalkan pada masa lalu karena masalah seperti perang. Kami berjuang melawan musuh yang tak terlihat sekarang," kata Mori menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan penundaan Olimpiade untuk kali kedua.

Dilansir CNNIndonesia, jawaban Mori merupakan jawaban paling tegas mengenai pembatalan Olimpiade. Padahal sebelumnya panitia penyelenggara sempat berulang kali menyatakan akan berupaya menyelenggarakan Olimpiade di tengah masa pandemi.

Hingga kini Belum ada tanggapan dari Tokyo 2020, Komite Olimpiade Internasional, dan Komite Paralimpik Internasional mengenai pernyataan Mori perihal pembatalan Olimpiade 2020.

Keputusan penyelenggaraan Olimpiade 2020 diundur pada bulan Juli-Agustus tahun depan, merupakan hasil kesepakatan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Tokyo 2020 Organising Committee, serta pemerintah Tokyo dan Jepang.

Ada tiga pertimbangan utama yang membuat para pengambil keputusan menetapkan tangal 23 Juli-8 Agustus, yakni untuk melindungi kesehatan atlet dan semua orang yang terlibat dari virus corona, melindungi kepentingan atlet dan olahraga Olimpiade, dan kalender olahraga internasional global. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00