Kobe Bryant, Kejayaan dan Loyalitas 20 Tahun Bersama LA Lakers

KBRN, Jakarta : Bakat Kobe Bryant sudah jelas sejak usia dini, dan dia sudah menarik perhatian nasional saat masih di sekolah menengah. Tidak seperti kebanyakan pemain NBA, ia langsung menekuni karirnya di dunia bola basket dengan meninggalkan pendidikan perguruan tingginya. 

Bryant menghabiskan 20 tahun karir NBA-nya bersama LA Lakers, dimana dia memenangkan lima kejuaraan bersama tim dan dinobatkan sebagai NBA All-Star sebanyak 18 kali.

Bryant pensiun pada 2016 sebagai pencetak poin (gol) terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA di Amerika Serikat (AS). Sedangkan untuk negaranya, Kobe Bryant berhasil memenangkan medali emas untuk Amerika Serikat di Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012.

Bryant menikah dengan Vanessa, yang dengannya dia memiliki empat anak perempuan, salah satunya Gianna (13). Ayahnya, Joe, juga bermain di NBA. 

BACA JUGA: Kobe Bryant Legenda NBA Tewas Bersama Putrinya Dalam Kecelakaan Helikopter

Namun, reputasi Bryant sempat ternoda setelah dia ditangkap pada 2003 karena tuduhan dia memperkosa seorang remaja di sebuah hotel di Colorado. Bryant membantah tuduhan itu, mengatakan pertemuan itu konsensual. Kasus ini dibatalkan setelah korban menolak memberikan keterangan di persidangan. Bryant kemudian meminta maaf kepada wanita itu. Keduanya lantas menyelesaikan gugatan sipil terpisah di luar pengadilan.

"Saya tahu sekarang bahwa dia tidak melihat kejadian ini dengan cara yang sama seperti saya," ujar Bryant kala itu kepada media lokal.

Selama karirnya, Kobe Bryant dikenal sebagai salah satu guard terbaik yang pernah dimiliki Los Angeles Lakers (LA Lakers), terutama untuk posisi shooting guard. Dengan menghantar LA Lakers menjadi kampiun NBA, Bryant pun menyabet cincin juara pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010. 

Tiga gelar pertamanya diraih bersama center yang juga pemain legendaris NBA, Shaquille O'Neal. Namun, meski tak bersama Shaq, Kobe tetap bersinar. Dia bahkan tercatat menjadi pemain terbaik pada NBA Finals 2009 dan 2010. Selain itu, Kobe juga ditahbiskan sebagai pemain terbaik atau MVP untuk musim reguler 2008.

BACA JUGA: Kobe Bryant Kecelakaan Helikopter, Sempat Kesulitan Dievakuasi

Selama 18 kali bermain dalam All-Star NBA, Kobe menjadi pemain terbaik sebanyak 4 kali, yaitu pada 2002, 2007, 2009, dan 2011. Berbagai torehan prestasi itu menjadikan Kobe Bryant dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. 

Namanya sejajar dengan legenda seperti Michael Jordan atau Magic Johnson. Dia menutup kariernya di NBA pada 2016, setelah bermain selama 20 musim. Untuk menghormati prestasi yang diraih Kobe Bryant, Los Angeles Lakers memasukkan nomor punggung Bryant selama di LA Lakers, yakni 8 dan 24, alias tidak bisa lagi digunakan oleh siapapun. Hal itu menjadikan Kobe Bryant pemain pertama yang dua nomor punggungnya dipensiunkan oleh satu tim di NBA. 

Tapi hari ini, keluarga besar NBA Amerika Serikat dan penggemar di seluruh dunia dipastikan sangat berduka dan kehilangan, karena si legenda hidup meninggal dunia secara tragis dalam kecelakaan helikopter pribadi di dekat Calabasas, 30 mil di barat laut pusat kota Los Angeles, California akibat cuaca yang berkabut. Ikut meninggal dalam kecelakaan tersebut, Gianna, putri Bryant yang berusia 13 tahun. 

"Keluarga NBA hancur oleh kematian tragis Kobe Bryant dan putrinya, Gianna," kata komisaris NBA, Adam Silver, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir The Guardian, Senin (27/1/2020).

“Selama 20 musim, Kobe menunjukkan kepada kita apa yang mungkin terjadi ketika talenta luar biasa menyatu dengan pengabdian mutlak untuk menang. Dia adalah salah satu pemain paling luar biasa dalam sejarah permainan kami dengan prestasi yang legendaris: lima kejuaraan NBA, penghargaan NBA MVP, 18 pilihan NBA All-Star, dan dua medali emas Olimpiade. Tapi dia akan dikenang karena menginspirasi orang di seluruh dunia untuk mengambil bola basket dan bersaing dengan kemampuan terbaik mereka," sambung Silver masih dari pernyataan duka.

“Dia murah hati dengan sangat menyayangi Gianna," ucap Silver mengenang Gianna dan Bryant. (Foto: AP/Mark J Terrill/TheGuardian)

BACA JUGA: Kobe Bryant Tewas, Sejumlah Tokoh Sampaikan Belasungkawa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00