Kompetisi Sepakbola, PT LIB: Satgas Sudah Dibentuk

KBRN Jakarta: Dikrektur PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ahmad Hadian Lukita menanggapi pernyataan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito terkait pelaksanaan kompetisi sepak bola yang dapat digelar jika mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dia mengatakan, demi digelarnya kompetisi, pihaknya sejak jauh-jauh hari membentuk Tim Satgas Covid-19.

“Bicara protokol kesehatan sudah lama didiskusikan di internal PT LIB. Jadi sudah dibentuk tim Satgas Covid khusus di LIB yang langsung dipimpin oleh Direktur Operasional Sudjarno," ungkapnya kepada RRI, Sabtu (24/10/2020).

"Dimana disitu kita sudah Menyusun protokol kesehatan sebelum pertandingan dan saat pertandingan, serta kita juga merativikasi dari aturan FIFA (mengenai protokol Kesehatan disepakbola dunia) tanggal 29 September lalu,” lanjutnya.

Hingga kini seluruh insan sepak bola tanah air masih menunggu setia, mengenai nasib kompetisi sepak bola dilanjutkan atau tidak di tengah pandemi. Namun, jika gelaran sepak bola luar negeri termasuk Liga Champions musim 2020/2021 bisa berjalan kembali ditengah pandemi, mengapa kompetisi di Indonesia tidak.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 memberikan sinyal positif, gelaran kompetisi di tanah air dapat dijalankan dengan protokol kesehatan dan mempertimbangkan zonasi. 

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa semua aktivitas masyarakat yang berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan boleh dilakukan, termasuk penyelenggaraan kompetisi sepak bola.

"Dalam pelaksanaan liga tersebut, perlu adanya kepatuhan dari seluruh komponen penyelenggara sepak bola atau seluruh yang terkait dengan sepak bola. Federasi, klub hingga suporter," ujar Wiku mengenai nasib pelaksanaan liga sepak bola 2020 di laman resmi #satgasCovid-19, Jumat (23/20/2020).

Oleh karenanya, Wiku menekankan sejumlah faktor yang wajib diperhatikan sehingga penyelenggaraan liga sepak bola tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, sesuai aturan protokol kesehatan yang sudah dibuatkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi.

Persoalan lain mengenai izin pertandingan sepakbola, Wiku menambahkan, perlu koordinasi lebih lanjut antara PSSI dan PT LIB selaku operator kompetis dengan pihak kepolisian. Hal ini penting dilakukan untuk mempertimbangkan status zonasi di mana pertandingan sepak bola akan diselenggarakan kembali dimasa pandemi.

"Dan juga perlu diingat, bahwa keputusan penundaan yang dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama," jelas Wiku. (Foto Direktur PT LIB, Ahmad Hadian Lukita/ Dok. Danang Sundoro/RRI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00