Tranining Camp Timnas U-19 di Eropa Dilanjutkan

(Dok: indosport.com)

KBRN, Jakarta: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) sepakat training camp tim nasional Indonesia U-19 yang kini berlatih di Kroasia, tetap dilanjutkan di benua Eropa. Setelah dari Kroasia, skuad Shin Tae-yong ini akan bertolak ke Turki atau tetap berada di Kroasia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan keberadaan timnas U-19 di Eropa ini dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 pada 2021 sehingga akan sia-sia jika kembali ke Tanah Air. Juga, para pemain tidak bisa dikembalikan ke klub karena tidak ada kompetisi. Selain itu jika kembali ke Indonesia akan sulit untuk mencari lawan tanding yang sepadan atau kelasnya yang lebih tinggi.

"Saya sudah berdiskusi dengan Menpora (Zainudin Amali). Bapak Menpora sudah mendukung rencana kami. Kemenpora mendukung TC di Eropa ketimbang harus balik ke Indonesia," kata Iriawan, seperti dikutip dari laman pssi.org, Selasa (29/9/2020). 

Lebih lanjut,  Iriawan juga mengapresiasi, kemenangan tim nasional Indonesia U-19 pada uji coba terakhir pada pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Timnas U-19 mengalahkan Dinamo Zagreb dengan skor 1-0 di komplek Stadion Maksimir (Dinamo Zagreb Academy), Zagreb, Senin (28/9/2020).

"Alhamdulillah tadi para pemain bermain sangat baik dan dapat meraih kemenangan melawan Dinamo Zagreb. Kami berharap pemain terus semangat, bekerja keras dan menjaga performa permainan yang baik hingga Piala Dunia U-20 nanti," kata Mochamad Iriawan.

Pada pertandingan ini, gol tunggal kemenangan Timnas U-19 dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-38. Pemain asal klub FK Radnik Surdulica, Serbia tersebut mencetak gol usai melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Dinamo Zagreb.

"Kami selalu memantau perkembangan timnas U-19 setiap harinya. Saya senang pemain terus meningkat kemampuannya dan berproses dengan baik. PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan hasil yang maksimal timnas U-19," tambah pria yang akrab disebut Iwan Bule tersebut.

Dengan kemenangan ini, David Maulana dan kawan-kawan sudah melakoni tujuh kali laga uji coba selama di Kroasia. Sebelumnya Garuda Muda melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), dan Bosnia Herzegovina (0-1).

Timnas U-19 dijadwalkan menjalani TC di Kroasia hingga awal Oktober mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00