MotoGP Emilia Romagna: Gagal Podium, Quartararo Murka 

Fabio Quartararo (Doc Istimewa) .jpeg

KBRN, Jakarta: Fabio Quartararo, gagal meraih podium pada MotoGP Emilia Romagna, di Sirkuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9/2020), usai terkena long lap penalty.

Dalam balapan ini, Quartararo sebetulnya finis di urutan ketiga. Namun, ia dijatuhi long lap penalty pada lap terakhir oleh pengawas FIM MotoGP. Hal tersebut dikarenakan roda motornya, sudah lima kali melintasi green area yang harusnya tak boleh dilalui. 

Namun, Quartararo tak mengindahkan hukuman tersebut dan terus melaju hingga finis. Sebagai gantinya, catatan waktu Quartararo ditambah 3 detik, menjadi 42 menit 2,265 detik. Hasil tersebut lebih lambat dari Pol Espargaro, yang mencatatkan waktu 42 menit 0,374 detik. 

Baca Juga: Vinales Juara MotoGP Romagna, Dovoziso Masih Teratas

Dengan hasil tersebut, Espargaro akhirnya menggantikan Quartararo di podium. Quartararo terlihat murka saat masuk ke paddock seusai balapan. Pebalap Petronas Yamaha SRT ini mengaku, tak pernah diperingatkan bahwa ia sampai lima kali melewati green area.

Motor Fabio Quartararo melewati batas lintasan pada Tikungan 16 di MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/9/2020).(MOTOGP) .jpg

"Race Direction tak pernah memperingatkan saya kalau sudah melewati batas trek, makanya saya terkejut sewaktu saya melihat ada tulisan long lap penalty di dashboard motor saya," kata Quartararo kepada GPOne.

"Seandainya mereka melakukannya, saya akan lebih hati-hati (agar tak kena hukuman), kami perlu memperbaiki komunikasi ini karena memberitahu hal-hal semacam ini adalah tugas Race Direction. Saya tak melakukan long lap penalty karena sewaktu saya mengetahuinya, posisi saya sudah melewati titik di mana hukuman harusnya mulai dijalankan."

"Saya mengecek dashboard motor saya sampai 10 kali tiap lap dan kalau ada peringatan saya pasti tahu karena akan ada lampu oranye yang berkedip. Lain kali tim saya yang akan memberitahu hal-hal semacam ini karena kehilangan podium dengan cara seperti tadi benar-benar bikin frustrasi."

"Saya salah karena terlalu banyak melewati green area, tapi Race Direction juga salah karena tidak memperingatkan saya," sambungnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00