Cetak Rekor, Debut Manis Thiago Alcantara 

Thiago Alcantara menjalani debut bersama Liverpool. Debut ditandai dengan pelanggaran Thiago yang berbuah penalti untuk Chelsea. (Michael Regan/Pool via AP) .jpeg

KBRN, Jakarta: Liverpool berhasil menakluhkan Chelsea 2-0, pada pekan kedua Liga Inggris, di Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020).

Laga ini menjadi debut manis pemain baru Liverpool Thiago Alcantara. Ia memulai laga dari bangku cadangan. Setelah babak pertama berakhir imbang tanpa gol, namun Liverpool unggul jumlah pemain karena bek Chelsea, Andreas Christensen, diganjar kartu merah di pengujung babak pertama karena melanggar Sadio Mane.

Dalam situasi tesebut, manajer Liverpool, Juergen Klopp memutuskan memasukkan Thiago sejak awal babak kedua, menggantikan Jordan Henderson. Masuknya Thiago, ditambah keunggulan jumlah pemain, membuat Liverpool semakin dominan.

Baca Juga: Juergen Klopp Sanjung Thiago Alcantara

Dicatat Opta, Thiago melakukan 75 umpan sukses di babak kedua. Jumlah itu bahkan lebih banyak dari pemain Chelsea manapun selama 90 menit jalannya laga.

Unggul jumlah pemain, Liverpool menang lewat dua gol Sadio Mane pada menit ke-50 dan 54. Meski tidak berkontribusi langsung dalam gol-gol tersebut, penampilan Thiago selama bermain menuai. Ia dianggap mampu mengatur ritme permainan dengan baik.

"Kami memutuskan memasukkan Thiago lebih cepat karena situasi di lapangan sudah 11 melawan 10, dan pemain seperti dia bisa mengatur ritme permainan. Tadi itu merupakan debut sempurna untuknya dan rekan setimnya betul-betul membantunya di lapangan." kata Klopp kepada BBC.

"Timing-nya bagus. Dia bermain dengan Timnas Spanyol dan berlatih dengan Bayern Munich sebelumnya, jadi kondisinya fit, tak ada masalah. Dia masih perlu membiasakan diri dengan rekan-rekannya, tapi saat kami unggul jumlah pemain, itu menjadi laga yang sempurna untuknya," kata Klopp saat giliran berbicara kepada Sky Sports.

"Saya menyukai permainannya. Untuk urusan bertahan, situasinya masih agak tricky untuknya, tapi saat menyerang, dengan bola di kakinya, itulah dia yang sesungguhnya, dia ingin mengumpan bola," sambungnya.

Baca Juga: Chelsea Hilang Fokus, Dihancurkan Liverpool 0-2

Pujian juga datang dari Mane. Ia menyebut Liverpool beruntung bisa mendaratkannya ke Anfield.

"Tak cuma saya, seluruh dunia tahu kualitas Thiago, jadi kami beruntung bisa memilikinya di dalam tim kami. Dia pemain yang luar biasa," ujar Mane.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00